Ayo Tingkatkan Prestasimu, Ada Beasiswa Kedokteran dan Jurusan Seni

  • Whatsapp
Tiga Penerima Beasiswa Kedokteran Pertama berfoto bersama dengan bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia, dan Ketua GOW Gurti Komara Dewi.

Medialampung.co.id – Tahun 2020 menjadi tahun ketiga digulirkannya program beasiswa bagi anak-anak Lampung Barat yang lolos menjadi mahasiswa kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang merupakan program unggulan dari bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus dan Wakil BupatI Drs. Mad Hasnurin. Sama seperti tahun 2018 dan 2019, tahun 2020 ini kuota yang disiapkan yakni lima orang.

Untuk tahun 2018 dan 2019 masing-masing tiga orang  yang mendapatkan beasiswa, saat ini sudah  masuk semester dua dan semester empat. Sementara untuk untuk tahun 2020 ini masih ada peluang untuk anak-anak Lambar yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut dengan mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Bacaan Lainnya


Keenam mahasiswa yang kini sudah menempuh pendidikan pada semester dua dan empat tersebut  yakni M. Andriansah (Universitas Lampung), Indah Juliantika (UIN Jakarta), Alvina Damayanti (Universitas Sriwijaya), Dwi Karni (UIN Jakarta), Delva Sevtia (Universitas Bengkulu) dan Angga Febriyanto (Universitas Sriwijaya).

Tentu keberhasilan mereka lolos menjadi mahasiswa kedokteran dan mendapatkan beasiswa dari  Pemkab Lambar tersebut harapannya menjadi motivasi kepada anak-anak yang baru lulus dari SMA sederajat di Lambar untuk bisa mengikuti jejak mereka dan peluang masih ada.

Meski hanya disiapkan kuota lima orang, hanya saja ketika nantinya yang lolos lebih dari kuota yang disiapkan maka tetap akan diakomodir oleh pemerintah daerah dan akan mendapatkan beasiswa yang sama.

Hi. Parosil Mabsus dan Hi. Mad Hasnurin

Beasiswa yang diberikan yakni berupa uang Rp40 juta per semester untuk masing-masing. Bagi penerima manfaat langsung program tersebut, diharapkan belajar dengan baik dan serius, sehingga akan selesai tepat waktu dan mendapat ilmu yang dapat didedikasikan.

Setelah menggulirkan program beasiswa mahasiswa kedokteran, mulai tahun 2020 ini program serupa kembali digulirkan  khususnya untuk mahasiswa jurusan seni budaya yang diterima di Universitas Lampung (Unila).

Hal ini sejalan dengan seni budaya seperti nyambai, orkes gambus, dan lainnya di kabupaten setempat terus dilestarikan, karena itu perlunya sumberdaya manusia (SDM) yang  handal dalam pengembangan seni budaya tersebut, sehingga tidak hanya menjadi bagian dari warisan leluhur yang dilestarikan namun, juga bisa lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat secara luas.

Pemkab Lampung Barat akan membiayai kuliah anak-anak yang diterima di Universitas Lampung jurusan seni budaya, dengan kuota sebanyak 10 orang. Beasiswa yang diberikan berupa biaya semester, diluar itu seperti biaya kos  dan biaya hidup sehari-hari dibebankan kepada para orang tua. (adv/nop/mlo)



Pos terkait