Babinsa dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sisa Luapan Way Ringkih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dua hari pasca luapan sungai Way Ringkih, Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), di ruas jalan poros kecamatan menuju Pekon Gedungsurian TNI dan warga bergerak lakukan pembersihan.

Dimana Masyarakat bersama petugas Babinsa Koramil 422/06 Sumberjaya, pada Jumat (29/1) melakukan bersih-bersih dan penataan kembali jalur serta jembatan darurat yang sebelumnya digenangi luapan air dari sungai tersebut. 

Bacaan Lainnya

Babinsa Koramil Sumberjaya Kopral Rasbudiono, mengatakan, kegiatan gotong royong itu selain penataan badan jalan sedikit mengalami kerusakan. Juga membersihkan bagian bawah jembatan yang sebelumnya dipenuhi sampah hingga menyebabkan tertutupnya aliran sungai dan meluap ke permukaan jalan dan jembatan hingga setengah meter.

“Jembatan darurat juga mengalami kemiringan karena landasanya geser terbawa air saat meluap.Tapi sekarang sudah bisa dilalui kendaraan setelah diberikan perbaikan,” katanya.

Ditempat yang sama aparatur Pekon Puramekar Umar Sabiring mendampingi Peratin Anderi, mengatakan luapan air sungai saat terjadi hujan masih sangat memungkinkan kembali terulang, selama kondisi jembatan masih darurat seperti saat ini. 

“Kondisi seperti ini masih sangat memungkinkan terjadi lantaran jarak permukaan sungai dengan jembatan sangat rendah, dan ketika ada pohon kayu terbawa akan tersangkut dan membendung,” ungkapnya.

Oleh sebab itu atas nama masyarakat dan pengguna jalan pihaknya berharap kepada Pemkab Lambar tahun ini dapat melakukan upaya perbaikan, seperti pembangunan jembatan permanen.  

Sebelumnya, akibat hujan deras yang terjadi menyebabkan luapan sungai dan menutupi badan jalan hingga terhentinya arus lalu lintas karena besarnya air. Dan jika kondisi seperti itu terus menerus terjadi akan akan mempercepat kerusakan badan jalan di sekitar jembatan. (r1n/mlo)


Pos terkait