Badan Jalan Terbuka, Arus Lalin Buka-Tutup

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tanah longsor yang menimbun ruas jalan lintas barat (Jalinbar), menuju Provinsi Bengkulu di Pekon Pemancar, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir barat (Pesbar), pada Senin (28/9) malam berhasil terbuka dan kendaraan sudah bisa melintas meski masih diberlakukan sistem buka tutup hingga pagi ini.

Kapolsek Pesisir Utara AKP. Suhairi., mendampingi kapolres Lambar AKBP rachmat Tri Hariyadi, S. Ik., mengatakan proses pembersihan material longsor dilaksanakan secara manual seperti menggunakan cangkul golok dan mesin chainsaw, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Bacaan Lainnya



“ Proses pembersihan material longsor yang dilakukan masih mengandalkan tenaga manusia yang merupakan tim gabungan dari personil TNI-Polri, BPBD dan masyarakat serta pengendara,” kata dia.

Menurutnya, dalam pembersihan material longsor tersebut pihaknya berusaha agar badan jalan kembali terbuka dan kendaraan dapat melintas, meski hanya satu arah dan diberlakukan sistem buka tutup.

“ Karena keterbatasan peralatan yang kita miliki, jadi pembersihan material longsor itu baru setengah, sedangkan sisanya masih menunggu bantuan alat berat, karena setengah badan jalan masih tertimbun material longsor,” ujarnya.

Lanjutnya, longsor yang terjadi memiliki ketinggian dua meter lebar lima meter dan panjang mencapai 50 meter, meski begitu kendaraan dapat melintas secara bergantian karena lokasi longsor berada di jalan lurus.

“Kita harap ada alat berat yang dapat membersihkan material longsor itu, sehingga seluruh badan jalan kembali terbuka, dan kendaraan melintas dengan normal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S. Pi., mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan DPUPR agar dapat menurunkan alat berat ke lokasi longsor, hal itu agar seluruh badan jalan kembali terbuka.

“ Kita harap hari ini alat berat sudah mulai bekerja dilokasi longsor, sehingga badan jalan benar-benar terbuka dan tidak membahayakan pengendara yang melintas,” singkatnya. (yogi/mlo)



Pos terkait