Bagi-bagi Nasi Kotak, PD INTI Lampung Ditegur Walikota 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walikota Bandarlampung Herman HN memberikan teguran lisan kepada Pengurus Daerah Indonesia-Tionghoa (PD INTI) Lampung saat berkeliling melakukan sidak masker, Rabu (3/2).

Hal itu dilakukan karena PD INTI membuat kerumunan saat melakukan pembagian nasi kotak di Sekretariat Jl. Ikan Hiu No.21 Telukbetung Selatan, bagi warga sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Bahkan puluhan warga yang antri juga ada yang tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak.

Herman HN, selaku Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung yang rutin melakukan sidak protokol kesehatan (prokes) Covid-19 mengimbau warga untuk menjaga jarak dan memakai masker.

“Tolong jangan membuat kerumunan. Tolong juga jaga jarak dan selalu gunakan masker, demi keselamatan kita bersama. Karena virus Covid-19 ini sangat berbahaya,” himbaunya.

Sementara itu, Ketua PD INTI Lampung Santo Wijaya juga menerima teguran secara lisan, langsung dari Walikota Herman HN.

Usai ditegur, Santo Wijaya mengatakan PD INTI Lampung membagikan 200 nasi kotak setiap harinya dan telah berlangsung sejak 28 Januari hingga 10 Februari mendatang.

“Tidak dalam rangka apapun cuma niat bantu saja, spontanitas. Ini nasi padang Puti Minang bantuan teman-teman dari Jakarta yang merasa terpanggil berbuat sesuatu untuk NKRI,” kata Santo Wijaya.

Untuk pembagian bantuan selanjutnya, Santo berjanji akan berkoordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 sehingga protokol kesehatan dapat berjalan.

“Nanti kita minta tolong Gugus Tugas Pak Camat, susah kalau begini, berebutan, orang lapar. Saya juga gak mau seperti ini, cuma saya sudah atur dari kemarin. Susah benar,” ujar Santo.

Kepala Badan Polisi Pamong Praja (Bapol PP) Kota Bandarlampung, Suhardi Syamsi, yang turut mendampingi Walikota Herman HN melakukan sidak prokes mengingatkan PD INTI Lampung untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

“Kita harapkan ke depan kalau bagi-bagi nasi seperti ini, karena pasti ada kerumunan, mereka berkoordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19, bisa ke BPBD, Pol PP, atau kecamatan,” kata dia. 

Saat ini, lanjut Suhardi, Tim Satgas Penanganan Covid-19 telah terbentuk hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Tim Satgas Covid-19 ada juga kita tempatkan 15 personel di kecamatan. Kita harapkan karena pandemi Covid-19 sedang meningkat, ini tanggung jawab kita semua menegakkan protokol kesehatan, utamanya mencegah kerumunan,” tutup Kaban Pol PP Kota Bandarlampung Suhardi Syamsi

Walikota Bandarlampung Herman HN melakukan sidak prokes sejak pukul 09.00 WIB dengan melintasi rute Jalan RA Kartini-Pasar Bambu Kuning-Pasar SMEP-Pasar Tengah-Jl. Pemuda-Jl. Raden Intan-Tugu Adipura-Pasar Kangkung-Pasar Mangga Dua-Pasar Cimeng.(*/mlo)




Pos terkait