Bahas RKP 2022, Pekon Luas Jaring Aspirasi Masyarakat di Empat Pemangku 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemeritah Pekon luas, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung di balai pekon setempat, Selasa (20/9).

Musyawarah ini dalam rangka membahas terkait Rencana Kerja Pemerintah Pekon(RKP Pekon) tahun anggaran 2022 mendatang. Agenda yang wajib dilaksanakan oleh setiap pekon sekali dalam setahun itu dihadiri Sekcam Batuketulis Nusirwan S.Pd, Peratin Luas Haidir, unsur LHP, kader, dan selurh tokoh masyarakat. 

Bacaan Lainnya

Membuka kegiatan itu, Sekcam Batuketulis Nusirwan, S.Pd, mewakili Camat Batuketulis Sutian, M.Pd, menuturkan, Musyawarah Penyusunan RKP Pekon ini merupakan sebuah tahapan untuk melakukan pembangunan dan memetakan kebutuhan masyarakat di tahun 2020 datang.

“Gagasan-gagasan semua segmen sangatlah penting dan berarti, karena di forum musyawarah ini semua orang bisa menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan pekon, baik dalam sektor Pembangunan, Pemberdayaan dan peningkatan Kesejahteraan masyarakat, untuk itu kami mengajak seluruh lapisan agar dapat berpartisipasi aktif,” pesannya.

Sementara, Peratin Luas Haidir menuturkan, Sebagaimana tujuan penyusunan RKP Pekon, pihaknya juga berharap agar masyarakat dapat mengetahui program kerja pekon serta bersama-sama mendukung pembangunan di tahun 2022 mendatang.

“Aspirasi dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan sebagai acuan program kerja pemerintah pekon, semua yang telah disampaikan merupakan usulan yang sangat penting dan kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikannya,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil musrenbang, lanjut dia, usulan program pembangunan didominasi oleh masyarakat dari empat pemangku yang meliputi pemangku 1 menyampaikan usulan pembukaan badan jalan sekaligus pembangunan satu unit jembatan. Pemangku 2 usulan pengerasan badan jalan sepanjang 300 meter, kemudian Pemangku 3 usulan pembangunan bronjong dalam rangka penanganan longsor serta pemagaran SD Negeri luas, dan pembangunan pagar masjid.

“Selanjutnya usulan dari Pemangku 4 yaitu pembukaan badan jalan produksi sekaligus jalan yang menghubungkan pekon luas dan pekon camp tiga sepanjang pekon 600 meter, pembangunan rabat beton di tiga titik serta penyediaan sarana air bersih melalui pembangunan sumur bor,” pungkasnya.(edi/mlo)

Pos terkait