Bahas RKP Pekon 2021, Seluruh Peratin Ikuti Sosialisasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintahan Pekon di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat mengikuti sosialisasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Pekon (RKP Pekon) tahun 2021 mendatang.

Acara yang berlangsung di balai Pekon Kubuliku Jaya itu dihadiri Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, didampingi Sekcam Nusirwan, S.Pd, Tenaga Pendamping Desa, serta seluruh peratin.

Bacaan Lainnya



Dalam arahannya, Camat Batuketulis Sutian menyampaikan bahwa penyusunan RKP Pekon adalah sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pekon (RPJMP).

“Kegiatan ini mengacu pada peraturan  Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.114/2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, tahapan penyusunan RKP Pekon yang mulai disusun  pada bulan Juli tahun berjalan,” terangnya.

Dijelaskannya, penyusunan RKP Pekon akan menjadi kerangka acuan bagi peratin dan perangkatnya dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJMP.

“Selain itu sebagai instrumen dan transparansi manajemen pemerintah desa kepada masyarakat maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan untuk memantau kinerja pemerintah Pekon,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam merumuskan penyusunan RKP Pekon harus dilakukan tahapan musyawarah yang melibatkan seluruh tokoh masyarakat sebelum dituangkan dan disahkan dalam rancangan APBP 2021 mendatang.

“Dengan melakukan tahapan salah satunya penyusunan RKP pekon maka diharapkan dapat mewujudkan pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif baik dalam program pembangunan, pemberdayaan maupun pemerintahan,” imbuhnya.

Sementara, Kasi Pemerintah Pekon (PMP) Kecamatan Batuketulis Amirulloh, S.H, menambahkan bahwa berangkat dari maksud dan tujuan tersebut, maka kedudukan RKP Pekon yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan pekon dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi pekon.

“Mengacu pada pemaparan tersebut, kami mengimbau pekon agar mengedepankan program yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait