Balitbang Lakukan Kajian Soal Air Baku PDAM Limau Kunci

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lampung Barat, tengah melakukan kajian terkait dengan air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci. Kajian tersebut dilakukan, dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu air baku yang dihasilkan oleh perusahaan plat merah tersebut.

Kepala Balitbang Lambar Paijo, SKM, M.Kes., mengungkapkan, air baku PDAM Limau Kunci seperti diketahui kerap kali menjadi, mulai dari permasalahan pendistribusian dimana kerap mengalami kerusakan mencuat, mulai dari pecahnya pipa induk hingga masalah kualitas air yang didistribusikan kerap menjadi keluhan pelanggan.

Bacaan Lainnya

”Saat musim penghujan air biasanya keruh dan berlumpur dan kerap terjadi kerusakan di daerah hulu, sementara saat kemarau pendistribusian air terhambat. Karena itu, kami dari Balitbang sesuai dengan Tupoksi kami melakukan kajian untuk mencari akar persoalan sehingga untuk ditemukan solusi, agar persoalan tersebut tidak terus terjadi,” ungkap Paijo, Selasa (7/9).

Di beberapa wilayah, kata dia, khususnya di daerah perkotaan sejauh ini mengandalkan air dari PDAM Limau Kunci. Sehingga air yang berkualitas tentunya menjadi harapan masyarakat yang melanggan yang menjadi pelanggan. 

Menurut Paijo, saat ini kajian dilakukan di sekitar hulu, dengan mengkaji sumber airnya, tangki penampungan, hingga desainnya, karena itu menjadi salah satu penentu bagaimana air baku yang didistribusikan bisa lebih baik, dan persoalan yang kerap menghambat pendistribusian air kepada pelanggan bisa diminimalisasi. 

”Kita berupaya mencarikan solusi, dan nantinya hasil telaah akademis akan disampaikan ke pimpinan, untuk kedepannya dijadikan dasar dalam rangka pembenahan, maupun penambahan sarana dan prasarana, sehingga akan memunculkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait