Balon Independen Serahkan Dukungan ke KPU Lamtim

  • Whatsapp
Balon perseorangan serahkan dukungan ke KPU Lamtim. - Foto Ist

Medialampung.co.id – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur bakal diramaikan calon perseorangan.

Itu menyusul, kesiapan pasangan Sugianto-Masrizal maju sebagai bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Lamtim melalui jalur perseorangan/independen.

Bacaan Lainnya



Kesiapan pasangan itu, dibuktikan dengan penyerahan dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamtim, Sabtu (22/2).

Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo menjelaskan, pasangan Sugianto-Masrizal menyerahkan 77.103 dukungan.

Menurutnya, dukungan yang diserahkan pasangan balon tersebut memang melebihi batas minimal, yaitu 59.252 pemilih. Namun, dari hasil verifikasi masih ada sejumlah berkas yang harus dilengkapi pasangan tersebut.

Dilanjutkan, sesuai jadwal penyerahan berkas dukungan yang dilaksanakan mulai 18 hingga 23 Februari 2020. Karenanya, pasangan itu diberi kesempatan melengkapi berkas dukungan paling lambat, Minggu (23/2).

Ditambahkan, setelah perbaikan berkas dukungan diserahkan, tahap selanjutnya KPU akan kembali melakukan verifikasi. Bila dari hasil verifikasi dinyatakan memenuhi syarat maka tahap selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual melalui sensus ke seluruh pendukung yang dicantumkan bakal calon independen.

Sensus akan dilakukan tim dari KPU bersama PPS dan di bawah pengawasan Bawaslu. “Selama masa sensus masyarakat boleh menyampaikan tanggapan terkait kebenaran dukungan bakal calon persorangan,” imbuh Wasiat Jarwo.  (*)



Pos terkait