Bandara M. Taufiq Kiemas Kembali Dibangun

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tahun ini melaksanakan sejumlah pembangunan di bandara M. Taufiq Kiemas di Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

Kepala Bandara M. Taufiq Kiemas, Novrizal, mengatakan sejumlah pembangunan yang dilaksanakan Kemenhub tahun ini yakni persiapan perpanjangan landasan pacu dan perluasan terminal bandara.

Bacaan Lainnya



“Sekarang sedang dibangun untuk persiapan perpanjangan landasan pacu, karena dalam melakukan perpanjangan landasan pacu harus disiapkan terlebih dahulu lahannya,” kata dia.

Dijelaskannya, sekarang panjang landasan pacu Bandara M. Taufiq Kiemas mencapai 1.300 meter,  rencananya akan di perpanjangan hingga 300 meter, sehingga total panjang landasan pacu itu mencapai 1.600 meter.

“Landasan pacu yang ada saat ini sudah bisa digunakan untuk penerbangan pesawat jenis ATR, seperti pesawar Wings Air yang rutin melaksanakan penerbangan saat ini, tapi panjang bandara itu belum maksimal untuk pesawat jenis itu,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya penambahan landasan pacu itu, diharapkan pesawat jenis lain dapat masuk dan mencoba rute penerbangan dari Bandara M. Taufiq Kiemas menuju Bandara Raden Intan II atau menuju bandara terdekat lainnya.

“Sekarang masih persiapan untuk perpanjangan landasan pacu, menyiapkan lahannnya terlebih dahulu, kemungkinan untuk penambahan panjang akan dilaksanakan tahun depan,” terangnya.

Selain itu, untuk perluasan terminal akan dilaksanakan pada tahun  ini juga, hal itu karena kondisi terminal yang ada saat ini masih terlalu kecil untuk penerbangan pesawat yang berukuran besar.

“Luas terminal bandara M. Taufiq Kiemas sekarang hanya sekitar 600 meter persegi, dan akan diperluasan hingga 1.000 meter persegi, sehingga terminal bisa lebih luas,” pungkasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait