Bandara Radin Inten II Lampung Fokus Lakukan Safe Travel Campaign

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seiring kembali beroperasinya beberapa maskapai dan rute penerbangan di Bandara Radin Inten II Lampung, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Radin Inten II Lampung terus mendorong program Safe Travel Campaign untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dalam bepergian dengan pesawat di periode adaptasi kebiasaan baru.

General Manager Bandara Radin Inten II, M. Hendra Irawan menjelaskan bahwa program Safe Travel Campaign yang dibangun memperkuat tiga pilar di tengah adaptasi kebiasaan baru, yaitu kesiapan operasional dan staff bandara (operational and staff preparedness), pemastian terciptanya passenger experience yang aman dari Covid-19 (ensuring a safe experience) dan terbangunnya kembali kepercayaan dan keyakinan (rebuilding trust and confidence).

Bacaan Lainnya



Sebagai wujud dari pemastian kesiapan karyawan yang bertugas, pada hari rabu (5/8) pengelola bandara didukung penuh oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung melakukan rapid test kepada 105 orang karyawan frontliner yang sehari-harinya bertugas di Bandara Radin Inten II Lampung. 

“Alhamdulillah semua petugas yang dites hasilnya non-reaktif,” ungkap Irawan. 

Pada hari yang sama juga telah dibuka fasilitas layanan Pengecekan Rapid Test Mandiri yang dikerjasamakan dengan Holding BUMN Farmasi bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan udara dan belum memiliki persyaratan kesehatan berupa Hasil Rapid Test. 

Irawan menjelaskan bahwa fasilitas layanan dimaksud merupakan tindak lanjut PT Angkasa Pura II selaku operator sarana transportasi udara terhadap Surat Menteri Perhubungan perihal Peningkatan Pelayanan Perjalanan Orang.

Adapun terkait prosedur, persyaratan dan ketentuan terhadap penyediaan layanan dimaksud menurutnya telah dikoordinasikan dengan Dinkes Provinsi Lampung dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang.   

Pada kesempatan terpisah melalui video testimoni, rangkaian kegiatan Safe Travel Campaign yang telah dilaksanakan sejak tanggal (29/7) tersebut mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Gubernur Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan seluruh pihak, mudah-mudahan dengan Safe Travel Campaign ini, kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional dapat kembali meningkat sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian dan pariwisata di periode adaptasi kebiasaan baru,” ujar Irawan.

Sepanjang bulan Juli 2020 terjadi peningkatan pergerakan pesawat melalui Bandara Radin Inten II Lampung dari bulan sebelumnya yaitu sebesar 137 % sedangkan untuk untuk penumpang pertumbuhan dari bulan sebelumnya mencapai 158 % akan tetapi terhadap periode yang sama di tahun sebelumnya, pertumbuhan tersebut masih sangat rendah.

Sedangkan untuk periode bulan Agustus 2020 sendiri menurut Irawan terdapat beberapa maskapai yang kembali beroperasi diantaranya Citilink untuk tujuan Bandara Halim Perdanakusuma dan penambahan frekuensi penerbangan Garuda Indonesia untuk tujuan Bandara Soekarno-Hatta. (*/mlo)



Pos terkait