Bangkitkan Ekonomi Dimasa Pandemi, DTPH Lambar Siapkan Bantuan Mesin 

Kabid Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni, SH.

Medialampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lambar tahun ini bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2022 akan mengalokasikan bantuan mesin penepung pisang kepada kelompok tani dan kelompok wanita tani (KWT).

“Bantuan yang kita siapkan sebanyak enam unit untuk enam kelompok khususnya yang berada di sentral pisang, seperti halnya Kecamatan Gedungsurian, Airhitam, Kebuntebu, Bandarnegeri Suoh, Suoh dan Kecamatan Sumberjaya,” kata Kabid Hortikultura Patoni, S.H., mendampingi Kepala DTPH Ir. Rusdi, Jumat (14/1).

Bacaan Lainnya

Untuk kelompok tani dan KWT penerima bantuan, lanjut Patoni, hingga saat ini belum ditetapkan nama namanya karena masih dalam proses CPCL (Calon penerima, Calon lokasi).

“Tahun 2021 lalu, harga pisang mengalami penurunan di tingkat petani sehingga dengan adanya bantuan mesin penepung pisang ini ada turunnya dalam bentuk usaha tepung pisang, sehingga diharapkan akan membangkitkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” tegasnya.

Selain untuk membantu kelompok tani, kata dia, tujuan dialokasikannya mesin penepung pisang ini dalam rangka mendukung pengembangan potensi pangan lokal.

“Yang jelas dengan adanya bantuan mesin penepung pisang ini dapat meningkatkan pendapatan kelompok yang memiliki usaha pisang,” pungkas dia. (lus/mlo)

Pos terkait