Bangkitkan Potensi Wisata, Camat dan Rombongan Tinjau Curug Waytangan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna membangkitkan potensi wisata dimasa Pandemi Covid-19 sekaligus pembinaan kewilayahan untuk wisata, Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, didampingi sekcam Batuketulis Nusirwan, S.Pd, beserta pejabat kasi dan peratin Luas Khaidir meninjau objek wisata curug atau air terjun Way Tangan di wilayah Sabah Mekhih, Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis, Rabu (17/2) .

Dalam kunjungan itu, Sutian mengatakan di masa Pandemi Covid-19 sektor ekonomi perlahan harus mulai bangkit salah satunya dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di setiap pekon.

“Disamping fokus dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, sektor ekonomi harus ditingkatkan. Kedatangan saya beserta rombongan di Pekon Luas adalah bagaimana mengembangkan potensi wisata yang ada,” ujarnya.

Dirinya berharap kekayaan alam yang ada di Kecamatan Batuketulis bisa dimanfaatkan dan hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat. Apalagi, khususnya di Pekon Luas selain memiliki destinasi wisata curug Waytangan juga memiliki wisata Batu Lesung Bidadari yang tak kalah menarik.

“Tentu dengan potensi wisata yang ada ini harus dibarengi dengan infrastruktur yang memadai. Sehingga saat ini ini yang masih perlu menjadi perhatian adalah akses menuju lokasi wisata, dan ini akan menjadi salah satu usulan dalam musrenbang kecamatan nanti,” imbuhnya.

Sementara, Peratin Luas Haidir mengungkapkan, di wilayahnya memang memiliki wisata air terjun yang potensial untuk dikembangkan. Selain masih terjaga keasliannya, air terjun itu memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata curug yang ada di lambar. 

“Wilayah ini memang memiliki potensi alam dan wisata yang tak kalah menarik, hanya saja belum ditunjang oleh infrastruktur yang memadai. Untuk kami berharap ada dukungan dari pemkab lambar melalui dinas terkait untuk memberikan sentuhan pembangunan terutama akses jalan menuju lokasi,” ungkapnya.

Sebab, lanjut dia, untuk memberikan kenyamanan pengunjung wisata, dibutuhkan pembangunan jalan sepanjang sekitar 300-400 meter, karena pihaknya optimis apabila akses telah di tingkatkan jumlah kunjungan wisata akan meningkat.

“Selain memiliki wisata curug, tidak jauh dari lokasi juga terdapat Batu Lesung Bidadari yang sejak lama juga menjadi objek wisata bagi masyarakat, karena menurut kepercayaan masyarakat, air yang ada dalam batu itu dipercaya dapat menyuburkan rambut, sehingga banyak masyarakat berkunjung membawa anak bayinya untuk menumbuhkan rambut yang jarang,” jelasnya.

Sehingga dengan adanya potensi wisata yang ada tersebut, pihaknya berharap semua dapat bersinergi agar wisata tersebut dapat terkelola secara maksimal, sebab jika mengandalkan dana desa untuk peningkatan akses tersebut tentu tidak memungkinkan mengingat masih banyak pembangunan yang diprioritaskan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.(edi/mlo)




Pos terkait