Banjar Agung Manfaatkan DD Untuk Pembangunan-Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Keberadaan Program Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat sejak beberapa tahun terakhir, mulai berdampak pada pembangunan pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bahkan di tengah pandemi Covid-19 pekon bisa mandiri melaksanakan penanggulangan wabah tersebut.

Salah satu pekon yang merasakan manfaat keberadaan program DD adalah Pekon Banjar Agung di Kecamatan Waykrui. Melalui anggaran DD yang diterima tahun ini, sejumlah pembangunan dilaksanakan di pekon tersebut bahkan penanggulangan Covid-19 dapat dilaksanakan secara mandiri.

Bacaan Lainnya



Peratin Banjaragung Fikriansyah., mengatakan pada tahun ini kegiatan yang dilaksanakan Pekon banjaragung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Pekon (APBPekon) mencapai Rp1.094.331.000.

“Anggaran tersebut berasal dari berbagai bidang pendapatan seperti anggaran DD sebesar Rp782.537.000, Alokasi Dana Pekon Rp305.986.000, Dana Bagi Hasil Pajak Daerah Rp4.597.100 dan Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah Rp1.210.000,” kata dia.

Dijelaskannya, dari anggaran tersebut, kegiatan yang dilaksanakan seperti penyelenggara pemerintahan pekon, pelaksanaan pembangunan pekon, pembinaan masyarakat pekon hingga penanggulangan wabah Covid-19.

“Masing-masing bidang kegiatan sudah ada anggarannya masing-masing, seperti penyelenggara pemerintahan pekon sebesar Rp459.285.500, pelaksanaan pembangunan pekon Rp418.049.300, pembinaan masyarakat pekon Rp159.896.200 dan Penanggulangan bencana keadaan mendesak Rp57.600.000,” jelasnya.

Lanjutnya, melalui anggaran DD yang diterima Pekon Banjar Agung tahun ini, sejumlah kegiatan dilaksanakan, seperti pembangunan Balai Rakyat, penanggulangan Covid-19 seperti penyaluran BLT-DD, pembagian masker, hingga penyemprotan desinfektan.

“Dengan anggaran yang ada tahun ini kita memaksimalkan sejumlah kegiatan yang memang diprioritaskan untuk masyarakat, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini,” terangnya.

Menurutnya, sejumlah pembangunan dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,, terutama dalam penanggulangan wabah Covid-19.

“Kita berupaya dengan maksimal agar masyarakat tetap aman dari wabah Covid-19, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan pencegahan tersebut, serta membantu perekonomian masyarakat tetap berjalan dengan penyaluran BLT-DD,” pungkasnya. (adv/ygi/mlo)




Pos terkait