Banjir di Pringsewu, 5 Rumah dan 1 Mushola Terendam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setidaknya ada Lima rumah dan Satu Mushola di wilayah RT.02 RW.03 Kelurahan Pringsewu Selatan yang terendam air akibat guyuran selama hujan beberapa jam pada Selasa (15/12) sore.

Letaknya yang berada di dataran rendah membuatnya kerap menjadi langganan banjir. Di tambah  saluran irigasi yang tak berfungsi optimal. Belum lagi sampah yang ikut terbawa air, sementara di daerah bawah juga warga saling meninggikan pondasi. 

Bacaan Lainnya

“Ada Lima rumah dan Satu Mushola yang kemasukan air,” jelas Kepala BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pringsewu Sugeng Pramono.

Dikatakannya BPBD, bersama masyarakat dan anggota Banser mengeringkan air menggunakan mesin sedot.

“Ada beberapa buah yang dipasang. Alhamdulillah berhasil,” akunya.

Pihaknya hingga kini masih melakukan pendataan dampak banjir. 

Untuk rumah yang tergenang air yakni rumah milik Suniti, Rumah milik Marzuki,  Rumah milik Gogok, Rumah milik Marijan, Rumah milik Rudi, dan Mushola Al Amin,  kerugian diperkirakan Rp 5 Juta. 

Seperti diketahui diguyur hujan beberapa jam sejumlah wilayah di kecamatan Pringsewu tergenang air, Selasa (15/12).

Penyebab banjir selain curah hujan yang cukup tinggi juga diperkirakan karena tak berfungsi optimalnya saluran irigasi. Hal ini ditambah lagi dengan sampah yang terbawa air menyumbat saluran air. 

Hujan yang turun sekitar mulai pukul 14 lebih memang tak langsung lama dan sebentar berhenti kemudian turun lagi cukup deras. Sekitar pasar Pringsewu air meluap sampai menggenangi jalan raya.(sag/mlo)




Pos terkait