Banjir Waysemangka Mulai Surut, Berikut 3 Pemangku Paling Terdampak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bencana banjir merendam sejumlah areal persawahan dan pemukiman warga di tiga pekon di kecamatan Batubrak dan Belalau, Kabupaten Lampung Barat mulai surut. 

Dari pantauan di lapangan, Minggu (3/5) pukul 17.00 WIB, ketinggian air rata-rata mencapai 50  centimeter, dari sebelumnya 1,5 hingga 2 meter.

Bacaan Lainnya



Wilayah yang paling terdampak yaitu pemangku I dan III Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak dan Pemangku II kampung sawah, Pekon Sukarami, Kecamatan Belalau.

“Saat ini warga sudah mulai membersihkan rumah-rumah dari endapan lumpur, untuk fasilitas umum terdampak adalah masjid dan balai pekon,” kata Peratin Kerang, Agus Cik saat ditemui di lokasi, Minggu (3/5).

Di wilayah setempat, lanjut dia, ada dua pemangku paling terdampak yaitu pemangku I dan III dimana selain belasan rumah terendam, puluhan hektar sawah dan kebun terendam. 

“Kami masih merinci kerugian materi yang dialami warga, dan secepatnya akan kami laporkan BPBD,” kata dia.

Sementara, Peratin Sukarami, Selama Heryadi menuturkan, sejauh ini pihaknya masih menghimpun total kerugian yang dialami korban, terutama puluhan hektar areal persawahan yang terendam banjir.

“Paling lambat besok, laporan kerugian materi kami sampaikan ke BPBD, dan sebagai wilayah yang paling terdampak banjir ini kami berharap ada upaya  normalisasi sungai dari Pemkab, mengingat kawasan ini kerap dilanda banjir,” tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait