Bansos PKH Tahap III Cair, 60 Persen Saldo KPM Masih Nol

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap III untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah cair. Namun, dari data jumlah KPM yang ada itu baru sekitar 40% bansos PKH yang sudah masuk ke rekening KPM. Sedangkan, sisanya atau sekitar 60% KPM PKH tersebut hingga kini masih saldo nol.

Koordinator PKH Kabupaten Pesbar, Dendi Iskandar, S.Pd.I., mengatakan bahwa masih adanya saldo nol pada rekening KPM PKH dalam pencairan bansos PKH tahap III ditahun 2021 ini, memang disebabkan karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) KPM PKH itu masih dipadankan dengan Data.

Bacaan Lainnya

Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesbar.

“Sampai sekarang operator DTKS dan juga Pendamping PKH di Kabupaten Pesbar ini masih terus melakukan perbaikan data tersebut yang ditargetkan rampung sampai dengan tanggal 30 Juli 2021 mendatang,” katanya, Minggu (25/7).

Dijelaskannya, dengan masih adanya KPM PKH yang belum menerima bansos tahap III tersebut diharapkan agar dapat menunggu dan bersabar. Karena mudah-mudahan setelah selesai perbaikan data nanti, maka bansos PKH tahap III tersebut bisa kembali diterima oleh seluruh KPM di Kabupaten.

Pesbar ini. Sedangkan, bagi KPM yang telah menerima bansos PKH tahap III melalui rekeningnya itu sudah bisa dicairkan di agen-agen BRILink terdekat di wilayahnya.

“Jika memang nanti ada KPM yang nilai bantuannya tidak sesuai kategori, kita berharap bisa meminta penjelasan ke Pendamping PKH yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Karena, kata dia, itu bisa jadi masih pemadanan NIK dan terdapat Anggota Rumah Tangga (ART) yang NIK-nya belum terdaftar di DTKS dan Disdukcapil, sehingga menyebabkan nilai bansos tidak sesuai kategori. “Untuk itu diharapkan agar hal-hal tersebut dapat menjadi perhatian KPM, sehingga nanti tidak menimbulkan adanya kesalahpahaman,” tandasnya.(yan/mlo)


Pos terkait