Bantuan 40 Ribu Bibit Pisang Barangan Merah Medan Disalurkan

  • Whatsapp
Kabid Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni, SH.

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat telah menyalurkan bantuan bibit pisang jenis barangan merah untuk petani di kabupaten setempat dengan total sasaran empat kelompok tani (Poktan) dengan lahan seluas 40 hektare (Ha) yang tersebar di tiga kecamatan. 

Kabid Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni, SH., mengungkapkan, pada tahun 2021 ini bersumber anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui DTPH Provinsi Lampung, sebanyak empat Poktan terdiri dari Kecamatan Balikbukit satu Poktan, Kecamatan Pagardewa dua Poktan dan Kecamatan Belalau satu Poktan dengan masing-masing memiliki luas lahan 10 hektar. 

“Untuk jumlah bantuan bibit yang diberikan yakni 1.000 batang per hektare, atau jumlahnya mencapai 40 ribu batang untuk 40 Hektare lahan yang menjadi sasaran dalam program tersebut,” ungkap Patoni, mendampingi Kepala DTPH Lambar Ir. Rusdi. 

Dijelaskan, pisang jenis barangan merah medan ini menjadi salah satu jenis pisang dengan dengan harga jual yang cukup tinggi yakni mencapai Rp3. 000 per kilogram di pasaran, harga jual pisang ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis cavendish yang saat ini berkisar Rp1.200 hingga Rp1.700 per kilogram. 

“Pisang jenis ini juga cocok ditanam dengan sistem tumpang sari di antara tanaman kopi, mengingat batang yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak menghambat pertumbuhan dari tanaman lainnya,” jelasnya. 

Sementra itu, terkait dengan fluktuasi harga jual pisang yang kerap menghantui para petani, terutama petani bisa cavendish, menurut Patoni, pihaknya mendorong petani untuk melakukan inovasi dengan membuat olahan berbahan baku pisang, salah satunya dengan membuat tepung pisang, seperti yang saat ini mulai dijalankan oleh salah satu petani di Kecamatan Sekincau. 

“Kami sudah mengusulkan untuk tahun 2022 mendatang petani diberikan bantuan berupa mesin pengolahan tepung pisang, semoga memungkinkan dalam segi anggaran, sehingga ini akan menjadi salah satu solusi bagi petani saat harga jual pisang anjlok,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait