Banyak APK Tertempel di Tiang Listrik, Warga Pertanyakan Kinerja Bawaslu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebulan menjelang hari pencoblosan dalam Pilkada serentak tahun 2020, persaingan kontestan mulai terasa di Kota Metro. Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun dipertanyakan warga, terlebih terkait maraknya dugaan pelanggaran yang dilakukan mengatasnamakan pasangan calon.

Pelanggaran seperti alat peraga kampanye (APK) bergambar pasangan calon dalam bentuk poster hitam putih maupun stiker tertempel di tiang listrik yang terdapat di banyak kawasan Bumi Sai Wawai.

Bacaan Lainnya

APK yang bertebaran itupun menjadi sorotan sejumlah elemen masyarakat lantaran terkesan dibiarkan oleh pengawas pemilu. Di Metro Timur misalnya, poster bergambar pasangan calon nomor urut 3 Ampian Bustami dan Rudy Santoso mendominasi di banyak tiang listrik sepanjang Jalan AH Nasution yang merupakan jalan protokol utama.

Selain itu, penempelan APK serupa bergambar pasangan calon nomor urut 1 Wahdi dan Qomaru juga mendominasi tiang listrik hampir di seluruh Kecamatan di Metro.

Dari keterangan warga, APK bergambar Paslon nomor 1 terpampang di tiang listrik sepanjang Jalan Merpati 22 Hadimulyo Timur, Metro Pusat. Diduga, pemasangan APK dilakukan malam hingga dini hari agar tidak mencolok dilihat warga.

“Saya tidak tahu kapan pasangnya, tapi yang jelas saya keluar rumah pagi-pagi tiang listrik didepan rumah saya sudah dikotori oleh poster-poster. Dan saya rasa hal-hal seperti ini menjadi tanggungjawab Bawaslu khususnya Panwas yang ada di setiap kecamatan, karena tidak mungkin Panwas tidak tahu, kecuali memang tidak mau tahu,” ungkap Riyanto Warga Jalan Merpati, Kelurahan Hadimulyo Timur, Sabtu (7/11).

Hal senada diungkapkan Yunisa warga Kelurahan Yosodadi. Ia juga mengaku kaget lantaran di sepanjang jalan komplek perumahannya terdapat poster dan stiker bergambar Paslon yang tertempel di tiang dan gardu listrik.

“Iya ini stiker pasangan calon walikota dan wakil walikota metro nomor urut 1 dan 3 nempel di tiang listrik, ada didepan rumah saya ini, saya liat sepanjang jalan tiang listrik, ada stiker salah satu paslon juga,” ujarnya. (pip/mlo)




Pos terkait