Banyak Jabatan Kepala OPD Lowong, Lingga : Tahun Depan Akan Lelang JPTP

  • Whatsapp
Sekkab Pesbar Ir. N Lingga Kusuma, M.P

Medialampung.co.id – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama sehingga hanya dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Sejumlah OPD yang dijabat oleh Plt antara lain, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pertanian (Distan), Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Jabatan Asisten Bidang Ekonomi dan pembangunan serta jabatan Staf Ahli Bupati.

Bacaan Lainnya

Menyikapi kekosongan jabatan eselon II itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesbar, Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., mengatakan kini pihaknya masih menunggu penetapan struktur perangkat daerah terbaru.

“Tahun ini akan ada perubahan sejumlah struktur perangkat daerah di Kabupaten Pesbar, ada sejumlah OPD yang akan digabung, termasuk juga  Bagian dan Bidang akan mengalami penyesuaian,” kata dia.

Dijelaskannya, karena masih belum pastinya struktur perangkat daerah itu, maka tahun ini pihaknya belum melaksanakan lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), untuk mengisi kekosongan jabatan eselon II tersebut.

“Kita masih menunggu struktur perangkat daerah yang baru, untuk mengisi kekosongan jabatan itu akan kita laksanakan tahun depan, jadi untuk tahun ini masih dijabat oleh Plt di masing-masing OPD,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam melaksanakan mutasi jabatan ada aturan yang harus ditaati oleh kepala daerah terpilih yang baru dilantik saat melakukan mutasi pejabat. Aturan yang dimaksud adalah Pasal 162 ayat 3 UU No.10/2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah tertuang dalam UU Pilkada.

“Dalam Pasal 162 ayat 3 UU Pilkada dinyatakan, gubernur, bupati, atau wali kota yang akan melakukan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten atau kota dalam jangka waktu Enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan dan harus mendapat persetujuan tertulis Mendagri,” terangnya.

Jadi tambahnya, pasangan Bupati-Wakil Bupati Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif, saat ini belum dapat melakukan mutasi jabatan, karena masa waktu pelantikan belum genap enam bulan.

“Mutasi jabatan baru bisa dilaksanakan pada Oktober mendatang, tapi dalam mutasi itu hanya menyesuaikan jabatan di seluruh OPD di Kabupaten Pesbar,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait