Banyak Kerusakan, Gedung RKB SDN Muarabaru Butuh Renovasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kondisi fasilitas yang baik menjadi salah satu pendukung siswa didik dalam mengengenyam pendidikan atau dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Tetapi justru sebaliknya jika fasilitas pendidikan tidak memadai atau yang ada telah mengalami banyak kerusakan, bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan dan berimbas terpecahnya konsentrasi belajar, tetapi juga berpotensi yang membahayakan siswa.

Bacaan Lainnya



Seperti yang terjadi pada kondisi Ruang Kelas Belajar (RKB) milik SD Negeri Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat, terpantau bangunan gedung untuk RKB SD tersebut kini mengalami banyak kerusakan seperti pada pondasi dinding dan beberapa item bagian atas bangunan.

Dan jika dilihat dari kondisinya layak jadi perhatian pemerintah untuk dicarikan solusi untuk diberikan penanganan perbaikan (renovasi).

Ketika dikonfirmasi Kepala SD setempat Encun Suneti, S.Pd., menyebutkan, kerusakan yang terjadi pada Satu unit RKB tersebut, salah satu penyebabnya karena faktor usia bangunan yang sudah terbilang tua terhitung Dua Belas tahun atau di bangun 2008 silam.

Dimana sejak berdirinya dan difungsikannya gedung beton tersebut, sampai sampai sekarang belum pernah tersentuh renovasi walaupun pihak sekolah rutin melakukan perawatan memanfaatkan anggaran tahunan sekolah.

Disebutkan Encun kerusakan yang terjadi akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar, pertama agar pihak dinas mengetahui kondisi yang terjadi, kemudian harapan untuk mendapatkan perhatian perbaikan secara total.

“Komite sekolah maupun pemerintahan pekon yang selama ini berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah telah menyampaikan terkait harapan renovasi tersebut,” katanya.

Dan atas pesan itu juga menjadi pendorong pihak sekolah dalam mengajukan renovasi bangunan kepada pemerintah melalui Disdikbud Lambar. 

“Komite sekolah dan pekon juga mendukung usulan perbaikan untuk kebaikan fasilitas belajar mengajar sekolah ini,” ungkapnya.

Terpisah, Peratin Muarabaru Sanan, menyambut baik rencana pihak sekolah terkait usulan itu. 

“Sektor pendidikan salah satu prioritas pemerintah dalam membangun NKRI ini, karena itu pihak pekon selalu mendukung segala terobosan di bidang pendidikan, seperti yang kami laksanakan 2019. Bersama pihak SD membangun lapangan olahraga badminton yang juga dapat difungsikan lapangan upacara,” urainya 

Sanan, berharap apa yang menjadi usulan atas dasar kebutuhan pendidikan mendapatkan respon dari pemerintah.

“Kita berharap usulan itu mendapatkan respon positif sebagaimana harapan bersama,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait