Baperstok BPBD Pesbar Menipis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menipisnya logistik bantuan Persediaan Stok (Baperstok) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) terutama Baperstok yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, menjadi salah satu kendala terhadap penanganan korban musibah banjir yang terjadi di Pesbar, terutama di pemukiman warga yang terdampak banjir cukup parah.

Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan bahwa selain menjadi kendala bagi warga yang terdampak banjir, juga terkendala bagi warga yang terkena musibah lainnya seperti pohon tumbang maupun lainnya. Karena berdasarkan informasi ada satu rumah warga di wilayah Pesisir Utara yang tertimpa pohon tumbang, dan tentunya semua korban yang terdampak bencana bisa mendapat bantuan logistik.

Bacaan Lainnya



“Untuk itu rencananya kita juga akan ke BPBD Provinsi maupun instansi terkait lainnya untuk meminta adanya penambahan logistik baperstok di Pesbar ini karena memang kondisinya sudah menipis,” katanya, Jum’at (10/1).

Masih kata dia, pihaknya juga berharap kepada masyarakat yang terdampak bencana agar dapat bersabar dan menunggu adanya bantuan logistik tersebut. Meski begitu, Pemkab Pesbar tentunya akan terus berupaya untuk memaksimalkan penanganan terhadap korban bencana banjir tersebut. Selain itu juga kepada seluruh aparat pemerintahan kecamatan hingga pekon yang terdampak banjir ataupun bencana lainnya itu agar segera melaporkan data warga yang terdampak.

“Termasuk dampak kerugiannya diharapkan bisa segera dilaporkan ke BPBD Pesbar,” ujarnya.

Ditambahkannya, memasuki musim penghujan saat ini BPBD Pesbar juga tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat waspada jika terjadinya banjir susulan, terutama di beberapa wilayah yang rentan banjir. Mengingat berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa salah satunya di wilayah Pesbar ini masih berpotensi terjadi hujan.

“Selain meningkatkan kewaspadaannya juga diharapkan bisa melapor ke BPBD Pesbar jika di wilayahnya terjadi musibah bencana alam,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait