Bappeda Evaluasi Pelaksanaan DAK 2019

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 masih terdapat sejumlah permasalahan, antara lain terjadi keterlambatan entry aplikasi oleh OPD dan perubahan persyaratan di aplikasi OMSPAN serta lambat penyampaian dokumen kepada Inspektorat sehingga terjadi kelambatan pada review APIP-nya. Hal itu terungkap pada saat rapat evaluasi DAK tahun 2019 dan 2020 yang dipimpin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda, Senin (2/12)

Kata Okmal,  untuk mengantisipasi penyelesaian permasalah tersebut dan untuk mengahadapi penyelesaian tahap akhir kegiatan DAK 2019, OPD pengelola DAK agar aktif berkoordinasi dengan BPKD dan Inspektorat. “Pada awal bulan Desember ini, kita berharap agar OPD Pengelola DAK mengajukan pencairan tahap III karena batas akhir realisasi tahap III maksimal tanggal 20 Desember 2019,” ujar Okmal.

Bacaan Lainnya



Selain itu, kepada OPD untuk perbaikan RKA DAK agar segera dipersiapkan, sehingga selesai evaluasi APBD 2020 oleh gubernur perbaikan dapat segera dilakukan.  “Bagi OPD penenerima program/kegiatan tugas pembantuan (TP) agar melaporkan segera kepada BPKD dan Bappeda karen program dan kegiatan tersebut akan masuk dalam laporan pertanggungjawaban keuangan daerah.  Untuk DAK 2020 pada saat ini sedang diselesaikan penyusunan rencana kerja (RK) oleh OPD dengan kementerian terkait,” imbuhnya.

Kemudian,  dari hasil penyusunan RK DAK beberapa OPD terjadi pengurangan dan penambahan anggaran, untuk itu semua hasil penyusunan RK DAK agar disampaikan laporannya kepada BPKD dan Bappeda. Serta berkoordinasi dengan admin DAK Bappeda agar segera dilakukan pengimputan atas hasil penyusunan RK dan mengupload tandatangan kepala OPD.

Selain itu, lanjut Okmal, untuk penyusunan DAK 2021 agar OPD memperhatikan yaitu pada tahap awal penyusunan agar OPD melakukan koordinasi degan pimpinan terkait lokasi, calon penerima dan lain-lain selesai ini baru dilakukan penginputan usulan. Kemudian harus dihindari perubahan lokasi mulai pada tahap pengusulan., serta agar semua kegiatan yang diusulkan dipersiapkan data teknis dan readyness criterianya (Data dukungnya), sehingga kegiatan yang diusulkan merupakan kegiatan yang layak dan matang. “Kita berharap OPD pengelola DAK agar memperhatikan dan melaksanakan hasil rapat yang digelar hari ini, hal ini dalam rangka kelancaraan pelaksanaan DAK,” pungkas Okmal.(lus/mlo)



Pos terkait