Bappeda Gelar Forgab Perangkat Daerah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar rapat Forum Gabungan (Forgab) Perangkat Daerah yang dipusatkan di ruang rapat kantor Bappeda setempat, Rabu (11/3).

Kegiatan yang akan digelar hingga Kamis (12/3) itu dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pesbar, Syamsu Hilal, S.Sos., Sekretaris Bappeda Eka Candra, S.Km, M.M., serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Syamsu Hilal, mengatakan Forgab perangkat daerah itu merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesbar tahun 2021.

Selain itu, Forgab juga merupakan lanjutan dari pelaksanaan forum konsultasi publik yang telah dilaksanakan pada 29 Januari 2020 lalu serta Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan se Kabupaten Pesbar yang dilaksanakan pada 18-27 Februari 2020 lalu.

Sementara untuk Musrenbang RKPD Kabupaten rencananya akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang, yang akan dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat Provinsi awal April mendatang serta Musrenbang Nasional pada awal Mei 2020.

“Untuk itu semua rangkaian kegiatan penyusunan dokumen RKPD dan Renja tersebut diharapkan mampu memperkuat substansi dari dokumen perencanaan daerah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Pesbar tahun 2021 tentunya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama antara lain program dan kegiatan perangkat daerah agar dapat diarahkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Selain itu, kata dia, harus memperhatikan prioritas daerah tahun 2021 yakni pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah, pembangunan SDM, pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi keunggulan daerah, reformasi birokrasi dan pelayanan publik serta pengelolaan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

“Perangkat daerah juga harus memperhatikan dalam merumuskan kebijakan pembangunan di Kabupaten Pesbar yakni pencapaian visi bupati-wakil bupati,” jelasnya.

 Dikatakannya, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari seluruh kepala perangkat daerah dan peserta dalam Forgab ini agar dapat mempergunakan empat pendekatan perencanaan antara lain pendekatan teknokratik, partisipatif, politis dan bottom up atau dengan memperhatikan usulan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan.

“Karena itu, dalam penyusunan RKPD dan Renja Tahun 2021 ini Perangkat Daerah harus lebih mampu menyusun skala prioritas serta mampu merencanakan program dan kegiatan dengan teliti, akuntabel dan berkesinambungan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait