Baru 150 Pekon di Tanggamus yang Serahkan LPj BLT-DD

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dari 299 Pekon (desa) di Tanggamus, baru 150 pekon yang telah menyerahkan laporan realisasi penyaluran dana desa (DD) untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahun 2020.

Menurut Kabid Pembangunan dan Kelembagaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Syafruddin, pihaknya masih menunggu 149 pekon lagi yang belum menyerahkan, hal itu penting untuk melihat apakah BLT-DD benar benar direalisasikan, sebab itu juga merupakan skala prioritas penggunaan dana desa di masa pandemi saat ini.

“Rata-rata pekon belum serahkan LPj BLT-DD untuk pembagian pada tiga bulan terakhir. Yakni jatah bulan Oktober, November dan Desember,” kata Syafruddin mewakili Plt Kadis PMD Fathurrahman.

Ia menambahkan, dalam hal ini LPj ada yang belum dibuat, ada yang sedang proses ada juga permasalahan lain. Seperti transisi antara kepala pekon definitif ke Penjabat (Pj) Kepala Pekon dan pergantian aparat pekon di bawahnya.

“Kemudian sekarang ini untuk pekon yang sudah pemilihan kepala pekon ada kekhawatiran mereka akan diganti saat kepala pekon terpilih nanti menjabat. Mestinya tetap buat laporan karena ada konsekuensinya,” terangnya.

Ia mengaku, LPj BLT-DD wajib diserahkan, karena akan diperiksa oleh Inspektorat Tanggamus dan juga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Itu sebagai evaluasi pemerintah pusat yang serius membantu masyarakat saat pandemi Covid-19. 

“Kami telah berkoordinasi ke kecamatan agar meminta supaya pekon cepat serahkan LPj BLT-DD. Sebab pekon juga berada di bawah kecamatan untuk koordinasi, apabila pekon tidak juga menyerahkan LPj BLT-DD maka pencairan BLT-DD tahun ini tidak diberi rekomendasi supaya dicairkan, imbasnya ke keluarga penerima manfaat (KPM) karena tidak lagi dapat BLT-DD, ini sesuai juknis dari pusat,” tandasnya. (ehl/rnn)




Pos terkait