Baru Dibangun, Talud ini Ambruk Terbawa Longsor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melakukan pemantauan pasca ambruknya Talud Penahan Tanah (TPT)  di lingkungan balai Pekon Batukebayan usai terbawa longsor pada Selasa (31/12/2019).

Seperti diketahui, TPT tersebut baru saja dibangun menggunakan anggaran dana desa tahun 2019, namun terkait kerusakan pembangunan akibat bencana alam itu, pemerintah pekon setempat telah menyampaikan laporan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon(DPMP).

Bacaan Lainnya



Camat Batuketulis, Sutian SPd, M.M., mengatakan berdasarkan hasil peninjauan bencana longsor itu membuat TPT yang dibangun di sekitar lokasi  balai pekon ambruk di beberapa titik dan hal tersebut murni disebabkan oleh faktor alam dan pemerintah pekon telah melaporkan hal itu ke DPMP.

“Struktur tanah yang labil membuat wilayah itu sangat rentan terjadi longsor, dan persoalan kerusakan fisik dana desa ini juga sudah kita laporkan ke DPMP, dan perbaikan akan di usulkan dalam program dana desa 2020,” terang Sutian.

Sementara itu, Peratin Batukebayan Murtoyo menrangkan bahwa TPT yang dibangun menggunakan dana desa tersebut merupakan urukan tanah timbunan baru. Karena banyak air hujan yang masuk membuat tanah menjadi longsor.

“Untungnya, longsornya TPT itu tak mempengaruhi fungsi jalan di bawahnya. Karena jarak dengan jalan masih sekitar setengah meter, longsoran tak menutup badan jalan. Jalan itu hingga saat ini masih bisa digunakan,” terangnya.

Ia menjelaskan, meski tidak memberikan dampak kerusakan yang signifikan namun pihaknya akan segera melakukan upaya perbaikan sebagai langkah antispasi agar longsor tanah timbunan tersebut tidak meluas.(edi/mlo)



Pos terkait