Batuketulis Bentuk Tim dan Latih Proses Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim satgas penanganan Covid-19 Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat menggelar pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 yang dilaksanakan aula kantor kecamatan setempat, Selasa (13/7).

Pelatihan yang mendatangkan pemateri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar tersebut diikuti oleh petugas pemulasaran yang dibentuk dari unsur pemerintah Kecamatan, aparatur pekon serta tenaga kesehatan di puskesmas setempat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Batuketulis Sutian, M.Pd, Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto, Danramil Belalau Kapten Arm Sahabudin, Kepala UPT Puskesmas Sarwo Edi Wahono, S.K.M, Kasi Jamkesmas dan Yankestrat Yatino, S.P, M.Kes serta para Peratin

Camat Batuketulis yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Batuketulis Sutian, M.Pd, menuturkan,kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan Satgas Covid-19 di seluruh pekon dalam menghadapi wabah Covid-19 yang beberapa waktu belakangan kasus terkonfirmasi dan meninggal dunia cenderung mengalami peningkatan.

“Tim pemulasaran yang sudah kita bentuk ini nantinya yang akan bertugas di lapangan untuk melakukan prosesi pemulasaran jenazah Covid-19,” terangnya

Menurutnya, melalui pelatihan tersebut diharapkan bisa memberi pengetahuan yang benar dalam penanganan jenazah Covid-19. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan membahayakan diri relawan, pihak keluarga maupun masyarakat sekitar.

“Semuanya harus dilakukan dengan aman sesuai dengan protap pemulasaran jenazah Covid-19 dengan baik dan benar dengan tetap mengedepankan syariat agama dan tidak membahayakan kepada kesehatan petugas,”katanya.

Dikatakan, wabah Covid-19 ini memiliki karakteristik penanganan tersendiri. Karenanya dibutuhkan sebuah pengetahuan yang benar dalam menanganinya. Mulai dari serah terima dari rumah sakit, pengangkutan di mobil ambulan hingga prosesi pemakaman.

“Dalam kasus Covid-19, keselamatan masing-masing personel akan menjadi penting untuk keselamatan orang lain. Selain itu, masyarakat juga harus tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri dan keluarga serta lingkungan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan serta menghindari kerumunan,” pesannya.(edi/mlo)


Pos terkait