Bawaslu akan Tindak Lanjuti Polemik Bantuan Sembako Berlogo Petahana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bawaslu Kabupaten Pesawaran akan segera melakukan investigasi terkait adanya informasi tentang pembagian sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 yang dilakukan pihak pemerintah daerah berlogo bupati Pesawaran melalui PKS beberapa waktu yang lalu.

“Terkait adanya informasi ini kita sudah koordinasikan ke pihak Bawaslu Provinsi dan kita akan tindak lanjuti dengan segera melakukan investigasi ke lapangan terlebih dahulu. Investigasi ini dilakukan untuk mengaitkan beberapa hal, yang pertama ada tidak pihak-pihak lain yang terlibat,” ungkap Riswanto, Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Pesawaran saat ditemui di kantornya, Rabu (22/4). 

Bacaan Lainnya



Dikatakan, agar tidak menimbulkan kecurigaan, seharusnya pembagian bantuan sembako melalui partai, jangan hanya cuma melibatkan satu partai saja sebaiknya semua partai politik yang ada itu ikut dilibatkan. Dan jika bantuan tersebut dari pemerintah untuk masyarakat harus melalui jenjang mulai dari kepala desa, RT dan RW itu lebih jauh efektif. 

“Harapannya, kalau memang mau melalui partai semua partai harus dilibatkan, jangan hanya satu partai saja, ini sebagai bentuk asas keadilan. Akan tetapi ketika pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat gunakan perangkat-perangkat daerah yang ada mulai dari dinas, kepala desa, RT dan RW, ini supaya tepat sasaran dan tidak menimbulkan fitnah di nuansa pilkada yang saat ini sedang berjalan,” ucapnya.

Untuk itu lanjut Riswanto, agar tidak ada kecurigaan masyarakat bahwa petahana mendompleng guna meraih simpatik warga dengan memanfaatkan bantuan sembako, sebaiknya bantuan yang dikeluarkan pemerintah harus ada logo daerahnya. 

“Karena bupatinya masih berpasangan ya harus ada dua orang, bupati dan wakil terpasang juga di logo sembako itu, supaya tidak ada kecurigaan pihak lain serta libatkan OPD yang ada,” ujarnya. 



Pos terkait