Bawaslu dan KPU Lamteng Didatangi Anggota Komisi II DPR RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota Komisi II DPR RI Hanan A. Razak melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses guna memantau kesiapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020. Hal ini untuk memastikan semua program sudah berjalan.

“Reses kali ini berkesempatan mengunjungi mitra kerja. Pada 2020 ini tahun pemilu, untuk Lampung ada 8 kabupaten. Saya berkesempatan untuk ke setiap daerah pemilihan saya. Saya coba untuk memastikan yang sudah diprogramkan itu bisa berjalan dengan perencanaannya,” katanya Hanan di Bawaslu, Rabu (29/7)

Bacaan Lainnya



Hanan mengatakan bahwa Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara telah memiliki dasar serta aturan.

“Aturannya sudah dibuat, ada Perppu sudah dibuat undang-undang. Di Bawaslu sendiri sudah membuat Peraturan Bawaslu. Semuanya terkait dengan adanya pandemi Covid-19,” ungkapnya. 

Persoalan pandemi ini, kata Hanan, tentu harus disikapi dengan seksama agar jalannya demokrasi bisa tertib dan lancar tanpa melanggar protokol kesehatan.

“Ada pandemi terjadi pergeseran waktu. Bagaimana pemilu ini bisa berjalan secara demokratis, tapi tetap tidak melanggar protokol kesehatan. Maka ada konsekuensi harus pakai masker dan cuci tangan. Harus ada peralatan yang dilengkapi,” ungkapnya. 

Disinggung soal anggaran, Hanan menyampaikan tidak ada masalah. “Anggaran sudah ada dari kabupaten dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang secara bertahap dialirkan dari pemerintah daerah. Sekarang laporannya sudah mencapai 60 persen. Mudah mudahan sebelum Desember sudah 100 persen,” ucapnya.

Ditanya apakah pilkada tetap digelar 9 Desember 2020, Hanan menyatakan sudah diatur dalam Perppu No.2/2020.

“Kalau mundur bukan kita yang mundurin, ini dilakukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Lamteng Harmono mengungkapkan bahwa kehadiran anggota Komisi II DPR RI merupakan salah satu bentuk program kerjanya.

“Hari ini kita dikunjungi Bapak Hanan dalam rangka reses menyerap aspirasi kita selaku penyelenggara pemilu,” ucapnya.

Dalam konteks pertemuan ini, kata Harmono, membahas tentang rancangan RUU Pemilu serentak 2024 dan menanyakan kesiapan Bawaslu Lamteng dalam Pilkada 9 Desember 2020.

“Tadi juga membahas persiapan kami (Bawaslu, Red) Lamteng dalam pilkada sebagai pengawas sampai tingkat kampung,” ungkapnya. (sya/mlo)



Pos terkait