Bawaslu Lamtim Siap Kawal Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Lamtim Uslih

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur akan melaksanakan verifikasi faktual dukungan bakal calon (balon) perseorangan.

Menyikapinya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur siap mengawal verifikasi faktual tersebut.

Bacaan Lainnya



Ketua Komisioner Bawaslu Lamtim Uslih menjelaskan, verifikasi faktual dukungan balon perseorangan akan dilaksanakan mulai 29 Juni hingga 12 Juli 2020.

“Kami telah memetakan pelaksanaan verifikasi faktual,” jelas Uslih.

Dilanjutkan, dari hasil pemetaan berkas dukungan balon perseorangan tersebar di 226 dari 264 desa yang ada di Lamtim.

Kemudian, jumlah dukungan yang di bawah 500 tersebar di 203 desa yang ada di 15 Kecamatan. Sedangkan, dukungan di atas 500 tersebar di 23 desa pada 9 kecamatan.

Lebih lanjut dijelaskan, pemetaan itu untuk memudahkan pengawasan proses verifikasi faktual. Misalnya, untuk pengawasan verifikasi faktual pada desa dengan dukungan di bawah 500, maka jumlah personil pengawasan lebih sedikit dibanding pada desa dengan dukungan di atas 500.

Ditambahkan, untuk mencegah pandemi covid-19, prosess pengawasan verifikasi faktual tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Paling lambat sehari sebelum verifikasi faktual, Bawaslu Lamtim akan mendistribusikan alat pelindung diri kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa. APD bersumber dari bantuan APBN,” pungkas Uslih. (wid/mlo)



Pos terkait