Bawaslu Pesbar Gelar Eksaminasi Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar eksaminasi penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, di aula Sartika Guest House, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (2/11).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar Irwansyah, S.H.I., beserta anggota. Selain itu juga dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Lampung yang diwakili Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Hermansyah, S.H.I, M.H., ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar Marlini, beserta anggota, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) perwakilan Partai Politik (Parpol), Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam Kesempatan itu, Ketua Bawaslu Pesbar Irwansyah, mengatakan bahwa penyelesaian sengketa merupakan tugas Bawaslu baik Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan (Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif). 

Seperti diketahui pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 lalu, Bawaslu Kabupaten Pesbar telah menyelesaikan sengketa dua Parpol. Namun pada Pilkada tahun 2020 lalu Kabupaten Pesbar ini tidak ada penyelesaian sengketa.

“Bahkan, dari delapan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada tersebut hanya ada tiga Kabupaten/Kota yang melakukan penyelesaian sengketa yakni Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, dan Lampung Tengah,” katanya.

Karena itu, kata dia, Bawaslu Pesbar akan melakukan refleksi dalam hal ini eksaminasi penyelesaian sengketa Pilkada tahun 2020, dalam hal ini untuk memberikan pemahaman terhadap penyelesaian sengketa Pilkada tahun 2020 di tiga Kabupaten/Kota tersebut.

“Kita berharap ini dapat menjadi pemahaman kita bersama. Sedangkan terkait dengan Pemilu dan Pemilihan di tahun 2024 hingga kini kami juga masih menunggu keputusan dari Pusat, mudah-mudahan segera ada kesimpulan,” jelasnya.(yan/mlo)

Pos terkait