Bawaslu Pesbar Siap Beri Keterangan di MK

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menerima surat panggilan sidang dari Mahmakah Konstitusi (MK) Republik Indonesia yang tertuang pada No.132.39/PAN.MK/PS/01/2021 tanggal 20 Januari 2021.

Anggota Bawaslu Pesbar Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Abd.Kodrat S, S.H, M.H., mengatakan bahwa surat panggilan sidang dari MK untuk Bawaslu Pesbar itu sebagai pemberi keterangan berdasarkan Peraturan MK (PMK) No.6/2020 tentang tata beracara dalam perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan walikota, dengan perakaran antara Aria Lukita Budiwan, S.T dan Erlina, S.P, M.H., pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesbar sebagai pemohon, terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesbar sebagai termohon.

Bacaan Lainnya

“Perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2020 itu telah tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK) dengan registrasi perkara No.39/PHP.BUP-XIX/2021,” katanya, Kamis (21/1).

Ditambahkannya, dalam surat panggilan MK RI itu juga dijelaskan untuk pelaksanaan sidang pemeriksaan pendahuluan dijadwalkan pada Jumat (29/1) mendatang sekitar pukul 16.30 WIB, di ruang sidang lantai 4 gedung 2 MK, Jakarta. Sedangkan dalam pelaksanaan sidang nanti akan dilakukan secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) atau jarak jauh.

“Saat ini kita masih terus berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Lampung terkait dengan persiapan sidang sebagai pemberi keterangan dalam proses sengketa perselisihan hasil di Pilkada Pesbar 2020,” jelasnya.

Dikatakannya, persiapan lainnya, Bawaslu Pesbar juga telah mempersiapkan seluruh dokumen berkas baik mengenai semua berkas dalam penanganan pencegahan dan berkas penanganan pelanggaran serta lainnya, sebagai bukti pendukung untuk keterangan dalam pelaksanaan sidang. Dirinya berharap dalam pelaksanaan sidang pemeriksaan pendahuluan di MK itu berjalan dengan baik dan tidak ada kendala.

“Bawaslu Pesbar siap memberikan keterangan dalam sidang pemeriksaan pendahuluan terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan di Pilkada Pesbar itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait