Bawaslu Waykanan Ingatkan Panwascam untuk Menjaga Koordinasi Antar Lembaga

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Waykanan Yesi Karnainsyah

Medialamping.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Waykanan mengingatkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk terus melakukan koordinasi dengan Bawaslu apabila menemui kendala di lapangan, baik dari sisi pengawasan maupun penanganan pelanggaran, Minggu (18/10).

Menurut Yesi Karnainsyah, Ketua Bawaslu Waykanan bahwa soal penindakan dalam proses pilkada dengan pilpres itu berbeda.

Bacaan Lainnya



Seorang pengawas harus lebih memahami aturan-aturan dalam pemilihan dibanding yang diawasi. Hal tersebut sebagai antisipasi jika ada peserta pemilu maupun masyarakat yang kurang paham terhadap sebuah peraturan pemilihan. 

“Maka panwascam bisa menjelaskan lebih detail kepada publik dan apabila menemui kendala di lapangan, saya yakin panwascam serta jajaran kita mampu dalam menjalankan kewajibannya dengan baik,” tegas Yesi.

Dia juga berharap Panwascam dapat menjalankan tugas dengan optimis, Meskipun ketika di lapangan banyak menghadapi tantangan dan rintangan yang tidak mudah, karena saat inilah dibutuhkan kecakapan dalam menentukan sikap yang harus dilakukan.

“Tetap bersikap optimis agar semuanya berjalan dengan baik dan tentunya berusaha untuk profesional, berintegritas dan tetap solid. Koordinasi antar lembaga juga penting, misalnya jajaran Panwascam dengan PPK, terutama terkait tahapan pemilihan dan data, daftar mata pilih, keterbukaan informasi dari penyelenggara pemilihan sangat penting dalam penyelenggaraan dan masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan, sehingga seluruh proses tahapan penyelenggaran bisa berjalan dengan kondusif, tertib dan sehat,” pungkasnya.(wk1/mlo)



Pos terkait