Baznas Kelola Zakat untuk Kesejahteraan Mustahik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menjadi lembaga yang mampu meringankan beban pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di kabupaten setempat. Berbagai program yang digulirkan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Ketua Baznas Lambar Inharuddin mengatakan, program yang digulirkan Baznas Lambar dibagi dalam dua semester, untuk semester pertama program yang dilaksanakan yakni pemberian zakat konsumtif untuk katagori Fakir miskin, total dana yang direalisasikan sebesar Rp750.000.000,- dengan volume sebanyak 2.500 penerima dengan masing-masing menerima Rp300.000,-  untuk sasarannya sendiri yakni pinjaman masyarakat dengan usaha kecil dan menengah (UKM).

Bacaan Lainnya



Kemudian, lanjut dia, untuk program yang dilaksanakan pada semester II, yakni pemberdayaan ekonomi produktif sebanyak 50 penerima dengan masing-masing Rp5.000.000,- dengan jumlah total dana yang direalisasikan sebesar Rp250.000.000,- dengan sasaran pinjaman masyarakat dengan UKM.

”Kemudian  Baznas Lambar juga memiliki program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)  dengan masing-masing penerima mendapatkan bantuan berupa  bahan bangunan senilai Rp17.000.000,- dengan jumlah total sebanyak 25 kepala keluarga. Dalam program ini saasarannya yakni masyarakat yang berada di di Pekon tertinggal atau masyarakat kurang mampu, dan tentunya program ini akan sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam mewujudkan impiannya menempati rumah yang layak,” ungkapnya.

Selain  menjadi lembaga yang berperan aktif dalam membantu pemerintah di bidang sosial, ekonomi, dan pembangunan, Baznas Lambar juga memiliki program di bidang pendidikan, dimana Baznas menyiapkan beasiswa, untuk santri, siswa SMP, SD dan MI serta mahasiswa.

”Untuk beasiswa bagi santri yang ada di Ponpes di Lambar itu sebanyak 110 orang masingmasing mendapatkan beasiswa senilai Rp1.000.000, kemudian beasiswa untuk SMP sebanyak 160 orang dengan masing-masing menerima Rp500.000,- beasiswa untuk siswa SD dan MI sebanyak 300 orang dengan masing-masing menerima 250.000,- dan untuk beasiswa mahasiswa baik di Lambar maupun di luar Lambar sekalipun mendapatkan beasiswa sebesar Rp2.000.000,- dengan jumlah penerima sebanyak 65 orang,” ujarnya.

Pendistribusian dan pendayagunaan Baznas diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan mustahik (penerima zakat) dalam bidang material, spiritual, pendidikan, kesehatan, dan kemandirian. Zakat dikelola dengan sistem dan manajemen yang amanah, profesional, terintegrasi dan akuntabel dapat menjadi pemicu gerak ekonomi masyarakat di kabupaten setempat.

”Zakat merupakan konsep ajaran Islam yang berlandaskan AlQuran dan As-Sunnah bahwa harta kekayaan yang dipunyai seseorang adalah amanah dari Allah dan berfungsi social, karena itu kami dari pengurus Baznas Lampung Barat  juga terus berupaya mengelola dan menyalurkan  zakat yang terkumpul  untuk measyarakat yang benar-benar layak menerima,”  kata dia.

Sementara itu, bersamaan dengan acara Pengajian Umum dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang dipusatkan di Pondok Pesantren Roudhotusdolihin Pekon Gunung Terang Kecamatan Air Hitam yang di asuh oleh Kyai Haji Muh Thoha, Rabu (23/10) Baznas Lambar juga akan menyalurkan zakat.

”Besok kami akan kembali menyalurkan zakat pada acara pengajian umum di pondok pesantren Pondok Pesantren Roudhotusdolihin, dan semoga zakat yang akan disalurkan bisa bermanfaat bagi para penerima,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait