Baznas Salurkan Beasiswa Kurang Mampu di Belalau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung Barat menyalurkan beasiswa untuk siswa SD, MI dan SMP Se-Kecamatan Belalau, Senin (4/11).

Waka I Baznas Lambar Ust. Agus Mualif, mengatakan penyerahan beasiswa itu merupakan salah satu program Baznas bidang pendidikan, dimana Baznas menyiapkan beasiswa, untuk santri, siswa SMP, SD dan MI serta mahasiswa.

Bacaan Lainnya



”Untuk beasiswa bagi siswa SD dan MI diserahkan dalam bentuk perlengkapan sekolah seperti alat tulis sementara untuk beasiswa untuk siswa SMP diserahkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp500.000,” terang Agus.

Para penerima beasiswa tersebut, lanjut dia, merupakan hasil seleksi dari masing-masing sekolah, selain menggulirkan program di bidang pendidikan pihaknya juga memiliki sejumlah program diantaranya pemberian zakat konsumtif untuk katagori fakir miskin yang sasarannya sendiri yakni pinjaman masyarakat dengan usaha kecil dan menengah (UKM).

“Kemudian, pemberdayaan ekonomi produktif sebanyak 50 penerima dengan sasaran pinjaman masyarakat dengan UKM. Selanjutnya Baznas Lambar juga memiliki program Bedah RTLH  dengan sasaran total sebanyak 25 kepala keluarga,” imbuhnya.

Dikatakannya, zakat merupakan salah satu ibadah (fardu ain)  yang dalam ajaran agama Islam memiliki dimensi sosial dan membentuk hubungan horizontal sesama  umat (habluminannas) yang sangat tinggi.

“Zakat juga dapat berfungsi sebagai sarana perwujudan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan  pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang menderita dan orang duafa serta kegiatan sosial dan untuk kemanusiaan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Belalau Sri Handayani S.H., mengaku sangat mengapresiasi program Baznas Lambar. Apalagi lembaga ini selalu memberikan perhatian bagi kaum dhuafa, terutama di bidang pendidikan.

“Kita berharap, semoga ini terus berlanjut, sehingga tidak ada lagi siswa kurang mampu di wilayah kita yang kesulitan sekolah karena tidak ada biaya,” harapnya.

Menurutnya, program beasiswa dari Baznas  perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, karena pasti akan banyak pelajar dan mahasiswa yang memerlukannya. Karena hingga saat ini pihaknya meyakini masih banyak pelajar dan mahasiswa khususnya bagi anak yang berprestasi dan dari keluarga tidak mampu. “Karena itu, dukungan beasiswa dari Baznas Lambar sangat pentirng dan menjadi harapan  para pelajar yang belum mendapatkan beasiswa,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait