Belajar Aplikasi SiKAMDO, Diskominfo Lampura Studi Tiru ke Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali menjadi rujukan bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dalam penerapan aplikasi SiKAMDO (Sistem Kendali Administrasi Media Diskominfo). Salah satunya oleh Diskominfo Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Kamis (5/8), melakukan studi tiru terkait penerapan aplikasi SiKAMDO di Kabupaten Pesbar.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadiskominfo Lampura, Doni Ferwari Fahmi, S.E, M.M., beserta jajaranya yang diterima oleh Plt. Kadiskominfo Pesbar Drs.Miswandi Hasan, M.Si., didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Elvin Yonanda, S.Ip, M.M., Kasi Pengelola Media, Ahmad Nalpa, S.Kom, serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam Kesempatan itu, Kabid IKP, Elvin Yonanda, mengatakan setiap media yang akan melakukan kerjasama dengan Pemkab Pesbar melalui Diskominfo harus melalui aplikasi SiKAMDO. Mulai dari tahapan registrasi akun sampai dengan tahapan verifikasi media yang akan melakukan kerjasama tersebut. Kebijakan inipun searah dengan komitmen bersama para pimpinan.

“Sehingga siapapun yang mencoba untuk mencari jalan pintas kerjasama media tanpa melalui aplikasi SiKAMDO, maka akan mendapatkan penolakan,” katanya.

Menurut Elvin, penerapan aplikasi ini sebetulnya memudahkan para pers media itu sendiri, dan tentunya Pemkab Pesbar juga tidak ada niat mempersulit mereka (media) untuk melakukan kerjasama. Jika sebelumnya mereka (media) harus mengeluarkan biaya untuk cetak bukti tayang fisik dan lain-lain, maka dengan SiKAMDO ini hanya mengisi form isian yang telah ditentukan pada aplikasi.

“Pada fase awal penerapan SiKAMDO banyak mendapat penolakan dari pers media,” jelasnya.

Ditambahkannya, terutama biro-biro tugas di wilayah Pesbar yang sebelumnya terbiasa dengan cara konvensional menganggap akan sulit jika beralih menggunakan aplikasi. tapi, dengan terus melakukan berbagai upaya dan berkat kesabaran serta pendampingan tim operator SiKAMDO terhadap media yang mengalami kesulitan akhirnya satu persatu kendala bisa teratasi. Saat ini aplikasi SiKAMDO telah berjalan normal di tahun ketiga penerapannya.

“Bahkan beberapa waktu lalu penerapan aplikasi SiKAMDO juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui penghargaan Inovasi Goverment Award (IGA) tahun 2020. Hingga kini sudah ada tujuh Kabupaten/Kota dan Pemprov Lampung yang melakukan studi tiru penerapan aplikasi SiKAMDO ini,” kata dia.

Plt. Kadiskominfo Pesbar, Miswandi Hasan, mengatakan dengan adanya silahturahmi dan kerjasama ini bisa terus terjalin dengan baik antara Diskominfo Pesbar dengan Diskominfo Lampura. Selain itu juga dengan adanya kegiatan studi tiru tentang penerapan aplikasi SiKAMDO di Pesbar ini juga bisa membawa manfaat bagi Kabupaten Lampura.

“Termasuk Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung ini yang sebelumnya juga telah melakukan kunjungan ke Pesbar yang dijuluki sebagai Negeri Para Saibatin dan Para Ulama ini yang memang banyak memiliki keanekaragaman seni dan budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Lampura, Doni Ferwari Fahmi, menyampaikan dengan kunjungan itu diharapkan dapat menjalin silaturahmi dan saling berbagi, bertukar pikiran serta dapat bersinergi antara Pemerintah Daerah dengan media. Dengan kehadiran ini juga kedepan dapat mengakomodir dalam kerjasama khususnya bersama media.

“Kita berharap semua ini bisa menyatukan program-program kita apalagi khusus dibidang media online atau dalam bentuk media lain,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)


Pos terkait