Belajar Korolla, Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan Berkunjung ke Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan pembelajaran Kopi Robusta Liwa Lampung Barat (Korolla), Selasa-Rabu (1-2/12).

Kunjungan sebanyak 6 orang yang terdiri atas koordinator PPL dan analis lahan pertanian serta pengelola pengendali OPT dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bambang Supriono, S.P. Kunjungan tersebut  diterima Kabid Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar Sumarlin, S.P, M.P di Sekolah Kopi Kecamatan Sumberjaya.

“Kedatangan rombongan dari Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan tersebut dalam rangka kunjungan pembelajaran kopi robusta Liwa Lampung Barat,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, Rabu (2/12).

Ia mengungkapkan, usai memperkenalkan kebijakan pembangunan perkebunan kopi robusta Liwa Lampung Barat seperti keberadaan Sekolah Kopi sebagai sentra wisata edukasi kopi di Lampung juga disampaikan 4 klon Korolla yang telah mengantongi pengakuan keunggulannya melalui keputusan Menteri Pertanian dengan pelepasan keempat klon dimaksud yang saat ini juga telah ditetapkan Pohon Induk Terpilih (PIT)  korolla 1-4 tersebut.

Selanjutnya kunjungan dilakukan dengan melihat lihat kebun produksi di sekitar sekolah kopi serta dilanjutkan ke Kebun Sumber Benih Korolla yang dikelola Nasrun di Pekon Sukajaya.

“Proses pembelajaran dilakukan dengan ngobrol pemeliharaan kopi robusta Lampung Barat melalui penjelasan  Kepala UPT Kebun Induk Kopi bapak Suroso dan Pengelola KSB bapak Nasrun seperti bagaimana menyambung tak ent maupun sambung batang, pemangkasan hingga proses pembenihan kopi,” kata dia.

Selanjut, kata Sumarlin,  hari ini tim berkunjung sekaligus berdiskusi dengan Ahmad Supriyono selaku Komunitas Promin 2 ton (produksi minimal 2 ton)  di kebun kopi di Kecamatan Sekincau.

“Hari ini tim berkunjung sekaligus berdiskusi serta bersama sama menandatangani nota kesepahaman bersama dalam rangka pengembangan serta pemanfaatan Sekolah Kopi Lampung Barat guna pembangunan perkebunan kopi di daerahnya masing masing,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait