Belajar Terkait PSC 119, Dinkes Tanggamus Kaji Banding ke Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus melaksanakan kunjungan ke Dinkes Lampung Barat, dalam rangka kaji banding Public Safety Center (PSC 119) dan Ambulance Hebat, dipusatkan di aula Dinkes Lambar, Rabu (29/9). 

Kedatangan tim Dinkes Tanggamus yang dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Tanggamus Yekti Mulyani dan Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Nasrullah tersebut disambut oleh Sekretaris Dinkes Lambar Cahyani Susilawati, didampingi Kabid Yankes Ruspan Ali dan Kabid SDK Wasis Apriyadi dan jajaran. 

Bacaan Lainnya

Susi—sapaan Cahyani Susilawati mewakili Kadinkes Lambar Widyatmoko Kurniawan usai menyampaikan selamat datang kepada rombongan Dinkes Tanggamus, membeberkan, keberadaan ambulance hebat di Lambar sejak tahun 2018 dan itu menyebabkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan bantuan pembangunan gedung PSC 119 yang telah beroperasi 10 bulan terakhir setelah diresmikan pada 25 November 2020 lalu. 

“Alhamdulillah keberadaan ambulance hebat dan gedung PSC 119 ini juga masuk dalam Indonesian Government Award (IGA) tahun 2020,” ungkap Susi. 

Dikatakannya, keberadaan PSC 119 yang didukung oleh 15 ambulance hebat yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di kabupaten setempat, yang juga dilengkapi oleh tim monitoring di PSC yang bertugas 24 jam, kemudian di PSC ini dilengkapi dengan peralatan yang secara operasional sudah berjalan sejak tahun 2018, antara lain jaringan radio komunikasi, Call Center, Internet dan peralatan pendukung lainnya.

“Apa yang kita cita-citakan tercapai, semuanya ambulance hebat terkoneksi di nomor 119 dan juga tersambung di radio komunikasi, insha Allah kedepan akan mengkoordinir seluruh ambulance,” ujarnya seraya menambahkan PSC 119 dan ambulance hebat masih dibawah Dinkes atau belum memiliki UPT sendiri. 

Sementara Kabid Yankes Dinkes Tanggamus Yekti Mulyani menyampaikan ucapan terima kasih telah diterima dengan baik oleh Dinkes Lambar dengan keterbukaan. Ia menyampaikan tujuan kedatangan pihaknya ingin melakukan kaji banding terkait pelaksanaan PCS. 

“Di Tanggamus PSC kami masih meraba-raba, kendaraan PSC dan peralatan sudah ada dan insha allah gedung PSC selesai dibangun tahun ini,” kata dia. 

Beberapa hal yang akan dipelajari di Dinkes Lambar yakni, terkait dengan perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM), bagaimana pertama memulai pengoperasian PSC sehingga sesuai yang diharapkan.

“Intinya belajar dan apa yang bisa kami ambil dan bisa dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus. Kami pilih Lambar karena ini secara geografis mirip dengan Tanggamus,” pungkasnya. (nop/mlo)

Pos terkait