Belasan Tahun Bekerja di Malaysia, 9 PMIB Dipulangkan ke Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Lampung Agus Nompitu bersama Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Lampung Ahmad Salabi menerima enam orang Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) asal Lampung yang tiba di Balai Latihan Kerja (BLK) Bandarlampung, Kamis (1/7) malam. 

Dari hasil pendataan petugas, diketahui ke enam PMIB tersebut masing-masing yaitu pasangan suami istri Ahmad Sulaiman (37) bersama istrinya Endang Sulastri (37) dan dua anaknya Samir Nasri 10 tahun serta Zenedine Zidane 4 tahun yang merupakan warga Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.

Bacaan Lainnya

Kemudian Artiah (49) warga Kalianda, Lampung Selatan serta Agustian Antony (37) warga Cukuh Balak,  Kabupaten Tanggamus.

“Sebelumnya juga ada dua orang. Satu lainnya sudah dijemput pihak keluarga, setelah keluar dari wisma Pademangan pasca karantina,” jelas Kadis Disnaker Agus.

Lanjutnya, Ia mengatakan para PMIB tersebut bahkan ada belasan tahun kerja di Malaysia dengan non prosedural atau tidak melalui prosedur yang resmi.

“Jadi mereka merupakan pekerja non prosedural yang sudah bekerja selama puluhan tahun bahkan belasan tahun tanpa prosedur yang resmi sehingga mereka di kategorikan PMIB,” ungkapnya.

Lanjutnya, karena keadaan dunia saat ini dalam masa pandemi Covid-19 dan sebagainya pihak Malaysia mendeportasi dipulangkan kembali ke daerah masing-masing.

“Sebelum mereka dikembalikan di daerah masing-masing sebelumnya di Karantina di Jakarta dan sudah melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) baik dari Karantina dan pelabuhan sendiri,” jelasnya.

Ia juga mengatakan saat ini ada sekitar 7000 PMIB Indonesia di Malaysia yang akan dipulangkan.

“Bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kita masih menunggu kedatangan PMIB dan melakukan pemantauan pengawasan kemudian pengembalian ke daerah masing-masing yang akan di jemput oleh Pemda setempat,” paparnya.

Kepala BP2MI Ahmad Salabi mengatakan diawali dengan negara Malaysia yang akan memulangkan sebanyak 7.300 PMIB asal Indonesia yang saat ini berada dalam tahanan dan menjalani pemeriksaan.

Ia mengatakan saat ini sudah dua kloter yang dipulangkan ke Indonesia sebanyak 145 orang 9 berasal dari Lampung. 

“Jadi yang sudah kembali 145 orang , sembilan adalah warga Lampung. Satu sudah diambil pihak Keluarga di Wisma Pademangan kemudian dua dipulangkan ke daerah nya pada Selasa (29/6) kemarin dan enam tiba malam ini. Jadi semua lengkap telah pulang semua untuk tahap pertama,” pungkasnya.(*/mlo)


Pos terkait