Beli Motor Cash Lewat Perantara, Tiba-Tiba Ditagih Leasing

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – M. Nasrulloh (43), warga Kampung Bandarsari, Kecamatan Padangratu, Lampung Tengah, ditangkap Polsek Padangratu di rumahnya, Jumat (23/4). Tersangka telah menipu rekannya dalam pembelian motor, Anam Mudakir (43), warga Kampung Margajaya, Kecamatan Selagailingga.

Kapolsek Padangratu Kompol Muslikh mewakili Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro menyatakan penipuan ini bermula dari korban datang ke rumah tersangka. 

Bacaan Lainnya


“Korban datang ke rumah tersangka, Februari 2020 sekitar pukul 14.30 WIB. Korban mengenal tersangka bekerja di leasing. Korban minta tolong hendak membeli motor Honda BeAT warna merah-hitam. Karena percaya, korban memberikan uang Rp15.000.000 dari harga Rp18.000.000. Kekurangannya akan diberikan setelah BPKB diterima. Korban meminta waktu empat bulan,” katanya.

Tiga bulan kemudian, kata Muslikh, korban mendapat telepon dari FIF yang memberikan informasi motor korban berstatus kredit. “Pihak FIF menyatakan kepada korban bahwa angsuran motor sudah telah tiga bulan. Korban kaget karena dirinya membeli motor cash. Lima hari setelah pemberitahuan, pihak FIF datang menanyakan masalah motor karena belum bayar angsuran tiga bulan. Korban menjawab dirinya tidak tahu. Dirinya hanya tahu membeli motor cash lewat perantara tersangka. Dua hari setelah ini, motor korban ditarik pihak FIF. Akhirnya korban melapor ke polisi hingga tersangka penipuan kita tangkap,” ujarnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata Muslikh, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP. “Tersangka terancam dengan hukuman empat tahun penjara,” ungkapnya. (sya/mlo)




Pos terkait