Belum Menerima Bansos PKH? Segera Lapor ke Dinsos

  • Whatsapp
Kabid Jaminan Bantuan Sosial Dinas Sosial Kota Bandarlampung, Santoso Adhy

Medialampung.co.id – Dinas Sosial Kota Bandarlampung hanya bertugas mengumpulkan data Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk warga kota Bandarlampung yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kepala Bidang (Kabid) Jaminan Bantuan Sosial (Jambansos) Santoso Adhy mengungkapkan, bagi warga kota Bandarlampung yang ingin mendapatkan Bantuan dari Kementerian Sosial itu yang mendata pihak pamong.

Bacaan Lainnya

“Dari pamong nanti dikirim ke pihak kelurahan untuk diteruskan ke Kecamatan, setelahnya baru ke dinsos yang datanya kita kasih ke pusat,” ujarnya, Senin (22/11).

Bila sudah masuk dan diterima kemensos, warga akan menerima bantuan dengan cara ditransfer langsung kepada penerima melalui rekening bank Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara). 

“Untuk jumlah penerimanya sendiri kami belum bisa pastikan, nanti jika kami sebutkan sekian ternyata yang terealisasikan tidak sama. setelah kami record baru ketahuan jumlah penerima Bansosnya,” bebernya.

Lebih lanjut Santoso Adhy menjelaskan, untuk Program Sembako pencairannya melalui Warung-Warung (E-Warung) yang ditetapkan oleh Bank Himbara. 

“Namun kami belum mengetahui jumlah yang menerima bantuan lewat Himbara ataupun kantor pos, karena jumlah penerima dapat diketahui setelah adanya SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dari Bank yang bersangkutan,” jelas Santoso Adhy.

Terkait adanya warga yang belum menerima bantuan PKH, ia mengimbau penerima bantuan untuk langsung melaporkannya ke Dinas Sosial.

“Bisa jadi NIK KTP dengan Kartu Keluarga tidak sama, dan belum masuk ke DTKS, tapi jika memang belum menerima bisa langsung melaporkan ke Dinas Sosial, nanti akan kita tindak lanjuti, termasuk adanya laporan penerima bantuan PKH sembako yang nilainya tidak sesuai dengan nilai belanjanya sebesar 200 Ribu Rupiah itu bisa kita kasih SP kepada E-Warung yang bersangkutan,” tandasnya.(jim/mlo)

Pos terkait