Belum Selesai Verifikasi Data, Bansos Covid-19 Pemkot Metro Baru Disalurkan Ke 169 KK

  • Whatsapp
ilustrasi

Medialampung.co.id – Setelah sempat tertunda, Hari ini (15/5) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Metro salurkan Bantuan Sosial (Bansos) masyarakat terdampak Covid-19 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro ke 169 kepala keluarga (KK).

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Metro Suwandi, bantuan sosial Pemkot Metro sebesar Rp 4,4 Miliar yang rencananya akan disalurkan pada Kamis (15/5) sempat tertunda akhirnya telah disalurkan untuk dua kelurahan hari ini.

Bacaan Lainnya



“Ya hari Kelurahan Prowosari dan Mulyosari yang kita salurkan melalui BRI,”ungkapnya saat dihubungi medialampung.co.id, Jum’at (15/5).

Saat ini pihaknya menurut Suwandi, pihaknya masih terus melakukan verifikasi data penerima bantuan sebesar Rp 400 ribu/bulan untuk tiga bulan kedepan sebelum kembali dikirim ke BRI  untuk dilakukan penyaluran.

“Baru hari ini saja penyalurannya untuk dua kelurahan, Senin (18/5) belum ada penyaluran lagi, karena datanya belum selesai kita verifikasi supaya tidak terjadi tumpang tindih. Takutnya ada yang harusnya dapat jadi gak dapat, dan lainnya, makanya kita hati-hati,”tuturnya.

Dirinya pun optimis, penyaluran bantuan untuk bulan pertama ke 22 kelurahan di Bumi Sai Wawai ini selesai sebelum lebaran,”Insyaallah selesai sebelum lebaran, ini sedang kita kerjakan terus,”ungkapnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang BRI Cabang Metro Bhakti Agung Siwanto membenarkan telah dilakukan penyaluran bantuan terdampak Covid-19 dari Pemkot Metro untuk masyarakat Bumi Sai Wawai.

“Ya benar tadi dua kelurahan sebanyak 169 KK sudah disalurkan melalui tabungan Simpedes BRI yang bebas biaya, di Kantor Unit BRI Sudirman,”tuturnya.

Pihaknya pun menuturkan ada sekitar 3450 KK yang akan menerima bantuan tersebut dan telah menyiapkan tiga unit BRI untuk proses penyaluran,”Ya kita sebar di tiga unit pencariannya supaya memudahkan, yaitu Unit Bantul, Unit Sudirman dan Unit Diponogoro,”terangnya.

Mekanisme pencairan sendiri dijelaskan Bhakti, masyarakat datang membawa identitas diri berupa E-KTP didampingi pihak Kelurahan,”Nanti kita tinggal kroscek saja apa benar ini orangnya dan tandatangan, karena kalau buku tabungannya sudah kita buatkan setelah data masuk,”ungkapnya.

Dirinya pun, mengungkapkan untuk penyaluran kelurahan berikutnya masih menunggu data dari Dinas Sosial,”22 kelurahan akan diserahkan, tapi memang data yang masuk baru dari dua kelurahan berjumlah 169 KK, dan hari ini sudah beres kita salurkan, Walaupun besok ada data masuk lagi tentu akan langsung kita buatkan rekeningnya dan Senin sudah bisa penyaluran,”ucapnya. (pip/mlo)



Pos terkait