Belum Setahun, Saluran Drainase di Perbatasan Canggu-Kotabesi Patah 

Medialampung.co.id – Belum genap satu tahun dibangun, saluran drainase di wilayah perbatasan Pekon Canggu dengan Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat sudah mengalami kerusakan atau patah pada bagian bawah.

Proyek yang dibangun oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) pada Dinas PUPR Provinsi Lampung kini dikeluhkan warga karena akibat patahnya saluran pembuangan air tersebut, ketika hujan air semakin tak terkendali sehingga merusak lingkungan. 

Bacaan Lainnya


Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengaku saat ini kondisinya sudah semakin parah, akibat tingginya curah hujan yang berlangsung beberapa waktu terakhir.

“Setiap harinya terus bertambah parah, apalagi kalau hujan air semakin tidak terkendali dan membuat tebing tergerus. Kami berharap pihak terkait segera melakukan perbaikan agar kerusakan lingkungan tidak semakin parah,” ujarnya singkat.

Menanggapi itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.3, Bayumi Oktorine, S.T., melalui Koordinator Lapangan, Rusmadi Gani, S.T, menyebut saat ini proyek pembangunan saluran drainase berikut bronjong tersebut masih dalam masa pemeliharaan. Dengan demikian, pihaknya memastikan kerusakan yang terjadi akan segera ditangani.

“Secepatnya kami perbaiki karena masih dalam masa pemeliharaan. Soal penyebab kerusakan yang terjadi, kami pastikan bukan karena mutu atau kualitas yang kurang baik, namun dikarenakan kontur tanah yang labil maka terjadi pergeseran tanah atau longsor sehingga mematahkan saluran tersebut,” ujarnya.

Disisi lain ia juga memastikan dalam waktu dekat sudah ada kesiapan dari pihak pelaksana untuk segera turun melakukan pengecekan dalam rangka persiapan perbaikan.

“Kita pastikan secepatnya pihak kontraktor turun untuk mengecek kemudian melakukan perbaikan, karena kita juga tidak ingin kerusakan yang terjadi bertambah parah,” imbuh dia.(edi/mlo)


Pos terkait