Benarkah Pasien Covid-19 Bisa Dinyatakan Sembuh Hanya dari Hasil Swab

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Banyak masyarakat bertanya-tanya soal pasien positif Covid-19 bisa dinyatakan sembuh. Pasalnya, vaksin anti Covid-19 belum juga ditemukan.

Kepala Dinas Kesehatan Lamteng dr. Otniel Sriwidiatmoko menyatakan memang benar vaksin yang bisa menyembuhkan Covid-19 belum ditemukan. 

Bacaan Lainnya



“Ya, memang benar vaksin Covid-19 belum ditemukan. Ada vaksin yang katanya bisa mencegah Covid-19 informasinya baru dirilis Desember 2020,” katanya.

Soal pasien yang dinyatakan sembuh, kata Otniel, berdasarkan hasil swab dua kali setelah inkubasi.

“Berdasarkan hasil swab dua kali setelah inkubasi. Hasil swab-nya negatif. Kalau virusnya nggak akan hilang selama tidak bisa menjaga kesehatan. Meski demikian masyarakat tidak perlu khawatir dan panik. Tapi, harus tetap waspada. Tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selama pasien diisolasi, kata Otniel, hanya diberikan obat untuk memperkuat imun tubuh.

“Ya, hanya diberikan obat imun tubuh dan vitamin. Ini supaya bisa kuat melawan virus yang sudah masuk dalam tubuh manusia,” ungkapnya.

Otniel menyatakan, hingga hari ini di Lamteng ada 64 orang yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

“Angkanya selalu bergerak naik. Sampai hari ini sudah 64 kasus di Lamteng. Rinciannya 49 dinyatakan sembuh, 13 dirawat di rumah sakit, dan 2 orang meninggal,” katanya. (sya/mlo)



Pos terkait