Benarkah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Urine?

  • Whatsapp
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona Covid-19.

Medialampung.co.id – Penularan virus corona Covid-19 di luar China yang cukup cepat menimbulkan kekhawatiran publik. Orang yang sakit pun disarankan memakai masker dan orang sehat diminta menjaga kebersihan.

Menurut ahli, penggunaan masker dan menjaga kebersihan bisa mencegah penularan virus corona Covid-19. Begitu pula dengan orang yang baru saja berpergian ke wilayah terdampak agar sadar memeriksakan kondisi kesehatannya.

Bacaan Lainnya



Seperti yang diketahui, virus corona Covid-19 bisa menular antar manusia memalui tetesan dalam tubuh, terutama cairan yang berasal dari pernapasan ketika batuk dan bersin.

Tetapi, apakah cairan tubuh seperti urine bisa menularkan virus corona Covid-19 antar manusia?

Berdasarkan data yang dilansir oleh CDC, sebelumnya virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui saluran pernapasan atas dan bawah. SARS-CoV 2 pun telah diisolasi dari spesimen saluran pernapasan atas dan cairan lavage bronchoalveolar.

Sedangkan SARS-CoV 2 RNA juga telah terdeteksi dalam spesimen darah dan tinja. Tetapi, belum diketahui virus ini bisa menular melalui spesimen ekstrapulmoner atau tidak.

Tetapi, lamanya deteksi SARS-CoV 2 RNA pada spesimen saluran pernapasan atas dan bawah spesimen ekstrapulmoner belum diketahui. Tetapi, deteksi SARS-CoV 2 RNA ini mungkin membutuhkan beberapa minggu atau lebih.

Sementara itu, virus SARS-CoV bisa menular melalui spesimen pernapasan, darah, urin, dan feses, Sedangkan, infeksi virus MERS-CoV hanya bisa menular melalui saluran pernapasan.

Namun, belum diketahui virus corona Covid-19 bisa menular melalui cairan tubuh non-pernapasan atau tidak. Adapun cairan tubuh non-pernapasan dari orang yang terinfeksi, termasuk muntah, urine, ASI hingga air mani.

Sebelumnya, WHO juga berpendapat bahwa masih terlalu awal untuk menduga hubungan seksual bisa menularkan virus corona Covid-19. Tetapi, berciuman sangat mungkin menularkan virus corona melalui cairan dalam mulutnya. (suaracom/mlo)



Pos terkait