Beragam Produk Kerajinan Tangan Ikut Meriahkan Pameran UMKM 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk kesekian kalinya, berbagai produk hasil kerajinan tangan atau seni anyaman dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat ikut tampil meramaikan pameran produk produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Kali ini dalam rangka memeriahkan kegiatan pagelaran dan pentas seni budaya gerakan seniman masuk sekolah (GSMS) tahun 2021 di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit, Jumat-Sabtu (8-9/10).

Bacaan Lainnya

Penghasil kerajinan tangan, Hapzon Efendi mengatakan berbagai produk hasil buah tangannya seperti perlengkapan rumah tangga berbahan dasar bambu hingga gelang yang berbahan paku resam dan kombinasi akar gantung miyai tersebut kembali tampil pada pameran produk UMKM.

“Keikutsertaan ini lebih kepada untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa Lambar kaya akan produk ekonomi kreatif, dengan begitu diharapkan mereka dapat memanfaatkan potensi produk lokal yang ada,” ujarnya

Apalagi, lanjutnya, mewabahnya Covid-19 juga berdampak pada penurunan produksi sehingga ia berharap dengan upaya promosi yang terus dilakukan dapat membangkitkan daya beli masyarakat.

“Sejak pandemi peminatnya memang turun drastis, untuk itu kami berharap dukungan promosi untuk dapat menyokong keberadaan industri kecil seperti kami agar ada kontinuitas produksi,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Drs. Junaidi Jamsari, M.M mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan para pelaku UMKM di Lambar. 

Menurutnya karya seni kerajinan tangan yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi sehingga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan untuk mendukung perekonomian masyarakat. Sehingga dirinya meminta agar para pelaku UMKM tidak patah semangat untuk terus berkarya dan salah satu kontribusi pemkab adalah menyediakan wadah bagi mereka untuk mempromosikan produknya. 

“Tentu kita sangat mengapresiasi atas kesediaan dan antusiasme dari para pelaku UMKM di Lambar, semoga dengan berbagai upaya promosi yang terus dilakukan dapat meningkatkan pemasaran produk yang bukan hanya di tingkat lokal akan tetapi bisa sampai ke tingkat nasional,” harapnya .(edi/mlo)


Pos terkait