Beraksi Lagi! Relawan Covid-19 Sterilisasi Seluruh Rumah Warga

  • Whatsapp
foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Sejumlah warga Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat yang tergabung dalam Relawan Covid-19 kembali beraksi. Tepatnya, Selasa (7/4) pukul 09.00 Wib, para relawan melakukan gerakan sapu bersih Covid-19 dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh rumah warga.

Kegiatan itu juga di ikuti oleh Camat Belalau Sri Handayani S.H, didampingi Sekcam Belalau Romuzi S.Ip, bersama jajaran Pemerintah Kecamatan dan pekon serta para petugas pemadam kebakaran yang mengerahkan satu unit armada damkar.

Bacaan Lainnya



“Aksi penyemprotan disinfektan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan. Gerakan pertama kami lakukan saat  bersama Pemkab Lambar, kemudian dilanjutkan serentak bersama pemerintah kecamatan. Dan yang ketiga kami gelar hari ini,” terang Peratin Kenali, Rustam.  

Gerakan dalam upaya mencegah masuknya wabah virus corona ini, lanjutnya dilakukan di seluruh rumah warga termasuk tempat ibadah, hingga ruang publik. Dalam Aksi  ini, para relawan juga menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran atau paparan virus corona.

“Selain penyemprotan disinfektan, kami para relawan juga mengimbau warga agar menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dengan cara  rajin mencuci tangan dan makan makanan bergizi serta menjaga imunitas tubuh. Dan yang juga kami tekankan adalah, ada agar warga menerapkan social distancing atau jaga jarak jika bertemu dengan orang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Belalau yang turut serta dalam kegiatan itu mengatakan bahwa aksi ini merupakan kepedulian para relawan di pekon kenali terhadap penyebaran wabah tersebut di sejumlah daerah.

“Tentunya ini dari kesadaran mereka yang tidak ingin ada warga yang terpapar, sehingga mereka bergerak cepat untuk melakukan sterilisasi dengan disinfektan, sekaligus memberi pemahaman tentang bahaya virus ini,”kata Sri.

Namun, menurutnya upaya ini tidak akan berhenti sampai di sini. Sambil melihat perkembangan yang terjadi, pihaknya telah mengimbau pemerintah pekon untuk merancang aksi lainnya dengan menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai di seluruh penjuru pekon. 

“Kita berharap, mudah-mudahan selain intens menyemprotkan disinfektan melalui pemberian imbauan yang telah di pasang sejumlah lokasi strategis di seluruh pekon ini juga dapat membantu memutus mata rantai penularan Covid -19,” harapnya.  

Disamping itu, ia juga memberikan pengarahan kepada warga untuk tetap di rumah, menjaga jarak dan menghindari bepergian jauh untuk sementara waktu. Dengan begitu, penyebaran virus corona bisa segera mungkin dicegah. (edi/mlo)



Pos terkait