Berantas Buta Aksara Al-Quran, Karang Taruna Pesbar Gandeng IBBQ

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk memberantas buta aksara Al-Quran, Karang Taruna Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bekerjasama dengan Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) mengadakan pelatihan kepada masyarakat yang dipusatkan di Balai Pekon Biha, dan juga di kantor Kecamatan Pesisir Selatan, Sabtu (20/11).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.Ip, M.M., mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengingatkan masyarakat terutama umat muslim akan pentingnya membaca Al-Quran. Selain itu juga sebagai salah satu upaya untuk memberantas buta aksara Al-Quran.

Bacaan Lainnya

“Karena itu dengan menggandeng BBIQ diharapkan agar program ini bisa menjadi solusi untuk mengentaskan buta aksara Al-Quran,” katanya.

Plt.Camat Pesisir Selatan itu juga menyampaikan, dalam kegiatan pelatihan ini diikuti laki-laki dan perempuan, masing-masing sebanyak 25 orang yang merupakan masyarakat di Kecamatan Pesisir Selatan ini. Melalui program pelatihan ini, masyarakat bisa belajar dan mengenal huruf-huruf hijaiyah.

“Kita juga berharap kepada seluruh masyarakat yang belum memahami dan belum bisa membaca Al-Quran, agar tidak malu untuk belajar membaca Al-Quran,” ujarnya.

Masih kata Suryadi, dalam kegiatan ini, para peserta pelatihan juga diberikan pembelajaran tentang akhlak. Mudah-mudahan dengan antusiasnya masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, kedepan bisa rutin dilaksanakan. Terlebih, rencananya kegiatan ini juga akan kembali dilaksanakan di wilayah lainnya, seperti di Pekon Menyancang Kecamatan Karyapenggawa yang rencananya akan diselenggarakan besok, Minggu (21/11).

“Semoga langkah awal para peserta untuk mempelajari Al-Quran ini menjadi saksi keseriusan mereka untuk mengenal dan memperkuat agamanya,” jelasnya.

Ditambahkannya, melalui program ini mudah-mudahan dapat terus membantu meluaskan kecintaan masyarakat untuk membaca Al-Quran, bukan hanya di lingkup Pekon, Kecamatan, ataupun Kabupaten. Namun, di seluruh penjuru daerah hingga nusantara. Untuk itu, bagi para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini diharapkan tetap belajar dan mengasah kemampuannya dalam membaca Al-Quran.

“Saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat maupun IBBQ, mudah-mudahan jalinan dan implementasi kerjasama selanjutnya bisa terus dilaksanakan untuk menebar manfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.(yan/mlo)

Pos terkait