Berantas DBD, Puskesmas Lakukan Fogging

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). UPT Puskesmas Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat melakukan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sekaligus Fogging atau penyemprotan insektisida untuk membasmi nyamuk Aedes Aegypti di Lingkungan Gang Garpu, Kelurahan Waymengaku kecamatan setempat, Minggu (8/12).

Selain itu kegiatan yang juga didukung oleh sejumlah petugas Dinas Kesehatan, pemerintah kecamatan dan kelurahan, Bhabinsa serta Bhabinkamtibmas itu dilaksanakan dalam rangka menyambut perubahan musim yakni dari musim kemarau ke musim penghujan.

Bacaan Lainnya



“Sebelumnya di lingkungan itu telah ditemukan ada tiga kasus DBD, tapi setelah kita lakukan Penelitian Epidemiologi (PE) kami tidak menemukan jentik nyamuk Aedes Aegypti. Kendati begitu upaya fogging tetap dilakukan sebagai antisipasi,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Balikbukit Harjunadi, S.ST.

Ia menjelaskan bahwa pemberantasan DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Masyarakat juga harus bekerjasama membantu puskesmas untuk menanggulangi demam berdarah sebab upaya Fogging yang dilakukan juga tidak akan efektif kalau masyarakat tidak melaksanakan 3M Plus,” katanya.(edi/lus/mlo)



Pos terkait