Berantas Hama Tikus, Warga Lamtim Gelar Gropyokan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Salah satu penyebab kegagalan panen adalah serangan hama tikus.

Untuk mengatasinya berbagai cara dilakukan masyarakat. Salah satunya, melalui gropyokan. Sebagaimana dilakukan warga Desa Taman Negeri Kecamatan Way Bungur Lampung Timur, Selasa (30/6).

Bacaan Lainnya



Gropyokan yang dilaksanakan dengan metode pengemposan api ke lubang tikus itu dipimpin Kepala Desa Taman Negeri Sigit Susilo. Hadir juga pada kegjatan itu Camat Nuryanto, Babinsa Koramil Way Bungur Serda Pujiyanto.

Kemudian, tim pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT) Dinas Pertanian Lamtim Supardi.

Sigit Susilo menjelaskan, serangan hama tikus sangat merugikan petani. Karena, tanaman yang diserang produksinya mengalami penurunan drastis.

“Melalui kegiatan itu diharapkan pada musim tanam mendatang tidak ada lagi serangan hama tikus di lahan sawah warga,” jelas Sigit Susilo.

Kesempatan yang sama Serda Pujiyanto menjelaskan, pengemposan yang dilakukan oleh para petani secara sukarela dalam memberantas hama tikus adalah cara tradisional namun efektif.

“Kegiatan yang dilaksanakan warga Taman Negeri akan diterapkan di desa lainnya,” jelas Serda Pujiyanto mewakili Danramil 429-02/Way Bungur Kapten Inf. Suefdi. (wid/mlo)



Pos terkait