Berantas Narkoba, Rutan Krui Geledah Kamar Hunian

Medialampung.co.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar razia blok kamar hunian yang ada di Rutan setempat sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba, Rabu (11/5) malam.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., mengatakan, kegiatan razia dengan menggeledah seluruh kamar tahanan maupun penggeledahan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) itu merupakan salah satu agenda rutin, salah satunya untuk mencegah dan memberantas narkoba.

Bacaan Lainnya


“Dalam kegiatan razia ini kita lakukan malam hari mulai pukul 22.10 Rabu (11/5) sampai pukul 00.03 Wib, Kamis (12/5) dini hari. Razia ini dilakukan secara mendadak agar tidak diketahui terlebih dahulu oleh WBP,” katanya.

Dijelaskannya, razia dalam rangka berantas narkoba di seluruh blok kamar hunian baik yang ada di blok Damar, blok Tuhuk, maupun kamar wanita di Rutan Krui tersebut terlaksana dengan tertib dan kondusif. Sebelum pelaksanaan razia, terlebih dahulu juga dilakukan kegiatan pembinaan dan pemberian arahan terhadap seluruh WBP.

“Kemudian, petugas melakukan penggeledahan masing-masing WBP, serta penggeledahan blok kamar hunian sesuai dengan tugas masing-masing, begitu juga terhadap penggeledahan WBP wanita tentu dilakukan oleh petugas wanita,” jelasnya.

Masih kata Hendra, dalam pelaksanaan razia tersebut petugas tidak menemukan adanya barang terlarang seperti narkoba, maupun handphone baik di kamar hunian maupun dari tangan WBP itu sendiri. Namun, petugas menemukan beberapa benda atau barang larangan yang dibawa di kamar hunian lainnya seperti korek gas, pena, benang, tali ikan, kaleng, sendok stainless, gelas keramik, botol kaca, pencukur jenggot, serta patahan sikat gigi.

“Semua hasil temuan itu selanjutnya akan diinventarisir dan didata serta akan dilakukan pemusnahan. Kegiatan razia itu akan terus rutin dilaksanakan secara berkala baik sesuai jadwal maupun inspeksi mendadak (sidak),” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait